Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga Toyota bZ4X Jauh di Atas Hyundai IONIQ 5 dan Nissan Leaf, Toyota Beberkan Alasannya

Harun Rasyid - Kamis, 10 November 2022 | 18:57 WIB
Toyota bZ4X dibanderol Rp 1,19 miliar OTR Jakarta
Harun/GridOto.com
Toyota bZ4X dibanderol Rp 1,19 miliar OTR Jakarta

GridOto.com - Mobil listrik Toyota bZ4X yang baru meluncur di Tanah Air, ditawarkan dalam satu varian yaitu Panoramic Roof dengan sistem penggerak Front Wheel Drive (FWD).

Toyota bZ4X yang menjadi mobil listrik pertama PT Toyota Astra Motor (TAM) ini dibanderol Rp 1,19 miliar on the road (OTR) Jakarta.

Secara harga, Toyota bZ4X bisa dibilang jauh di atas mobil listrik dari brand pesaingnya semisal Hyundai IONIQ 5 yang dibanderol mulai Rp 748 juta sampai Rp 859 juta atau Nissan Leaf yang harganya mulai Rp 728 juta hingga Rp 730 juta OTR Jakarta.

Dengan banderol tersebut, harga Toyota bZ4X bisa dibilang bersaing dengan Lexus UX 300e yang dipasarkan Rp 1,431 miliar OTR Jakarta.

Lantas mengapa TAM memutuskan harga mobil listrik baru ini di atas Rp 1 miliar?

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing TAM mengatakan, harga Toyota bZ4X ditentukan berdasarkan beberapa faktor mulai dari masa peluncuran hingga pertimbangan kenaikan harga di tahun depan.

"Alasan kami pasang harga Rp 1,19 miliar salah satunya, karena ini kan launching-nya di akhir tahun. Jadi kami ingin menghindari kenaikan harga yang biasa terjadi di awal tahun depan," ucap Anton kepada media, Kamis (10/11/2022).

Ia berujar, penentuan harga Toyota bZ4X juga berdasarkan penyesuaian harga bahan baku serta nilai tukar rupiah.

"Kini sudah ada kenaikan harga material hingga masalah exchange rate. Jadi kami tidak mau ada lonjakan harga tiba-tiba untuk Toyota bZ4X pada Januari 2023," jelas Anton.

Baca Juga: Dibanderol Rp 1 Miliar Lebih, Toyota bZ4X Tawarkan Empat Pilihan Warna, Baterai Dapat Garansi 8 Tahun

"Selain itu bisa saja kami buat harganya lebih murah sekarang, tapi kami tidak mau harganya nanti melonjak," sambungnya.

Dengan pertimbangan tersebut, harga Toyota bZ4X diklaim TAM akan bertahan hingga awal 2023.

Sebagai informasi, Toyota membekali bZ4X dengan motor elektrik AC Synchronous bertenaga 150 kW atau 204 dk dan torsi sebesar 266 Nm.

Mobil listrik Toyota bZ4X
Harun/GridOto.com
Mobil listrik Toyota bZ4X


Mobil listrik berstatus Completely Build Up (CBU) asal Jepang ini disertai baterai Lithium-ion 355 volt berkapasitas total 71,4 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 500 kilometer.

Beberapa fitur unggulan dari Toyota bZ4X di antaranya ada Panoramic Roof, Premium Dashboard, Wireless Charger, hingga 12,3 inch Toyota Audio Multimedia with Human Machine Interface (HMI).

Fitur keselamatan pada Toyota bZ4X juga cukup beragam mulai dari Safety Exit Assist, Parking Support Brake (PSB), Toyota Safety Sense 3.0, Integration A-Pillar (Enhance Safety), Rear Cross Trafic Alert (RCTA), sampai Rear Camera Detection (RCD). 

Editor : Fendi
Sumber : hyundai.com,Nissan.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa