Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Jaga Performa Honda BR-V Agar Selalu Bugar, Berikut Anjuran Servis Rutin dan Besar di Bengkel Spesialis

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 6 November 2022 | 18:05 WIB
Honda BR-V
Nabiel Giebran
Honda BR-V

GridOto.com - Bisa jadi patokan sebelum meminang Honda BR-V generasi pertama, simak terlebih dahulu interval dan biaya perawatan berkala di bengkel spesialis.

Sebab dengan perawatan berkala, performa dari Low Sport Utility Vehicle (LSUV) dengan mesin berkode L15Z1 ini bisa terjaga dan tetap prima saat digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Menurut Owner bengkel spesialis Honda Clinic Pradana Sawangan di Depok, Tri Pranoto, perawatan berkala BR-V dimulai dari penggantian oli mesin setiap kelipatan 10.000 km.

"Perawatan berkala mengikuti buku servis saja per 10.000 km atau enam bulan sekali, meliputi penggantian oli mesin dan tune-up itu sudah termasuk cek elektrikal dan scan," ujar Tri kepada GridOto.com, Sabtu (05/11/2022).

Lanjut menurut Tri, untuk setiap penggantian oli mesin Honda BR-V generasi pertama membutuhkan empat liter oli berikut penggantian filter.

"Estimasi biaya sekitar Rp 1,2 juta sudah berikut oli mesin pakainya 5W-30 atau 0W-20 fully synthetic oil kita samakan per galon Rp 500 ribu," jelasnya.
 
Sementara itu, untuk servis besar Honda BR-V di bengkelnya disarankan dilakukan setiap kelipatan 20.000 km atau dua kali ganti oli mesin.

"Servis besar periodik per 20.000 km itu ditambah kuras minyak rem dan oli transmisi. Estimasi biaya kurang lebih Rp 2 juta," ucap Tri.

Sekilas informasi, Honda BR-V generasi pertama harga berkasnya dibanderol mulai Rp 140 jutaan sampai Rp 190 juta tergantung kondisi masing-masing unit.

Baca Juga: Seken Keren - Honda BR-V Bergetar atau Menggigil? Ini Solusi dan Biaya Perbaikannya

Untuk perfoma Honda BR-V generasi pertama ini dibekali mesin berkode L15Z1 4-silinder SOHC berkapasitas 1.496 cc dengan terknologi i-VTEC.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 PS (118,5 dk) pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm di 4.600 rpm.

Dipadukan dengan transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan yang diteruskan ke penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).

Honda Clinic Pradana

Jl. Raya Muchtar no. 86, Sawangan, Depok

Jawa Barat

Telp: 0812-8640-286

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa