Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelang Nataru Kemenhub Mulai Cek Kesiapan Sarana Angkutan Jalan

M. Adam Samudra - Senin, 17 Oktober 2022 | 07:05 WIB
Penumpang bus jarak jauh untuk natal dan tahun baru
Surabaya.Tribunnews.com/Samsul Hadi
Penumpang bus jarak jauh untuk natal dan tahun baru

GridOto.com -  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyatakan telah melakukan pengecekan kesiapan prasarana menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru.

“Dari hasil tinjauan di Terminal Harjamukti hari ini saya mengimbau untuk masyarakat fasilitas terminal yang sudah disiapkan oleh pemerintah dan gunakan angkutan umum apabila ingin ke kota-kota lain," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dalam keterangannya di Jakarta, Senin (17/10/2022).
 
"Sedangkan untuk perusahaan bus saya mengimbau kesiapan bus dan supirnya menjelang Natal dan Tahun Baru pada tahun ini,” sambungnya.
 
Hendro mengingatkan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) beserta Polri dan TNI untuk dapat mengantisipasi lonjakan masyarakat yang akan melaksanakan liburan pada beberapa titik.

Ia mengharapkan saat natal dan tahun baru nanti diadakan pos terpadu yang diisi oleh berbagai instansi.

Menurut data dari Ditlantas Polda Jabar terdapat beberapa daerah rawan kemacetan yang menjadi perhatian Kementerian Perhubungan.

Saat ini beberapa titik yang menjadi sorotan kemacetan yaitu Nagrek, Limbangan, dan Malambong.

“Prediksi nataru akan melonjak pada saat long weekend hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu. Begitupun arus balik diprediksi akan tersebar pada tanggal 26-27 Desember 2022,” ucap Hendro.

Hendro mengatakan jalur Pantura merupakan salah satu jalur alternatif yang masih menjadi idaman masyarakat untuk melakukan perjalanan.

Baca Juga: Libur Nataru Telah Usai, Jasa Marga Catat 2,5 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Via Tol Selama Periode Tersebut

Oleh sebab itu, UPPKB Losarang dan UPPKB Balonggandu akan disulap menjadi rest area untuk para pemudik melakukan istirahat.

Namun demikian, ia meminta masyarakat dan pemerintah untuk bekerjasama dengan baik sehingga natal 2022 dan tahun baru 2023 dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa