Masuki Musim Penghujan, Pengelola Jalan Tol Cipali Siapkan Langkah Ini Antisipasi Banjir

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 7 Oktober 2022 | 20:50 WIB
Gerbang Tol (GT) Cikopo-Palimanan (Cipali)
Dok. Astra Infra
Gerbang Tol (GT) Cikopo-Palimanan (Cipali)

GridOto.com - Memasuki musim penghujan seperti saat ini membuat sejumlah pengelola ruas tol seperti Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali melakukan upaya pencegahan terjadinya banjir.

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, mengatakan ada beberapa upaya yang dilakukan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas di Tol Cipali.

Salah satunya bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, pihaknya bekerja sama untuk melakukan normalisasi sungai Cilalanang.

"Kami dan BBWS selalu bersama-sama dalam melakukan pemeliharaan, pemantauan dan pengawasan terhadap sungai Cilalanang yang melintasi Jalan Tol Cipali. Hal ini merupakan antisipasi kami dalam menghadapi musim penghujan tiba," ujar Sri Mulyo, Jumat (07/10/2022).

Dalam mengantisipasi luapan air di musim penghujan seperti sekarang ini pihaknya melakukan pemantauan melalui CCTV.

"Pemantauan melalui CCTV yang tersebar per 1 km di sepanjang Tol Cipali juga sebagai upaya dalam mengantisipasi pencegahan luapan air," ungkapnya.

Selain itu, sebagai bentuk peningkatan layanan kepada pengguna jalan tol, pihaknya sudah melakukan pekerjaan rutin yakni normalisasi drainase, membersihkan manhole dan sistem drainase yang terdiri dari inlet dan outlet.

"Pembersihan sedimentasi atau endapan pada box culvert sebagai bentuk upaya preventif dalam menghadapi musim penghujan," sambungnya.

Baca Juga: Di Tol Cipali Sering Terjadi Pembakaran Lahan oleh Petani Bawang Merah, ASTRA Tol Cipali Siapkan Langkah Antisipasi

Ia juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu tertib berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan, minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam.

Namun, apabila dalam kondisi penghujan kecepatan maksimal berkendara 70 km/jam.

Nah, ingat ya sob selalu jaga batas kecepatan dan tertib saat berkendara supaya aman di jalan.


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa