Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Sempat Pamerkan Ayla EV, Daihatsu Masih Pelajari Buat Jualan Mobil Listik di Indonesia

Wisnu Andebar - Jumat, 30 September 2022 | 15:25 WIB
Daihatsu Ayla EV dikenalkan di ajang GIIAS 2022
Wisnu/GridOto.com
Daihatsu Ayla EV dikenalkan di ajang GIIAS 2022

GridOto.com - Era kendaraan listrik semakin nampak dengan banyaknya produk berbasis elektrifikasi yang ditawarkan oleh berbagai merek otomotif di Tanah Air.

Hal itu sesuai dengan arahan pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan.

Terkait hal itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengungkapkan bahwa hingga kini pihaknya masih terus mempelajari tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

"Jadi, road map atau rencana Daihatsu mengenai mobil listrik masih kami pelajari atau masih tahapan awal," ujar Domestic Marketing Division Head ADM, Rudy Ardiman saat berada di Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2022).

Kendati demikian, keseriusan Daihatsu dalam mendukung program pemerintah sejatinya telah dibuktikan melalui produk LCGC mereka yang dikonversi menjadi mobil listrik yakni Ayla EV.

Daihatsu Ayla EV sempat dipajang dalam pameran GAKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 Agustus lalu.

"Ayla EV yang sempat kami perkenalkan dalam GIIAS 2022 adalah untuk memperlihatkan kapabilitas anak-anak bangsa yang mampu melakukan konversi kendaraan konvensional jadi listrik," tuturnya.

"Alasan kami memilih Daihatsu Ayla karena mobil ini merupakan LCGC pertama yang didesain oleh engineer lokal, dan dibuat di Indonesia sejak 2013 lalu," sambungnya.

Namun, sayangnya Daihatsu hingga kini belum berencana untuk memproduksi dan menjual mobil listriknya tersebut di Indonesia.

Baca Juga: Percepat Era Elektrifikasi, Menhub Dorong Inovasi Kendaraan Listrik Harga Ekonomis

"Untuk memproduksi kami masih belum bisa sampaikan, saat ini kami belum ada rencana untuk menjualnya," pungkas Rudy.

Bicara soal spesifikasinya, Ayla EV dibekali Electric Motor berdaya 60 kW, serta Lithium-ion Battery 32 kWh.

Berbeda dari Ayla yang dijual saat ini, Ayla EV memiliki karakter desain unik dengan parametric pattern pada bagian bumper depan dan dibalut warna satine silver pada bodinya.

Ditambah dengan aksen electric yellow yang menjadi representasi dari kendaraan listrik. Lalu pada bagian roda Ayla EV menggunakan pelek alloy 17 inci.

Beralih ke sisi interior, terdapat Panel Speedometer TFT 7-inci, serta desain kursi baru yang menambah nuansa kenyamanan.

Menariknya, kaca spion Ayla EV menggunakan layar digital pada sisi kanan-kiri dashboard sebagai penerapan teknologi terkini, serta mendukung aerodinamis kendaraan.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa