Belajar dari Kecelakaan Maut Isuzu Elf vs Truk Fuso di Tol Bawen, Begini Cara Aman berkendara di Dekat Truk

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 27 September 2022 | 20:25 WIB
Kondisi Isuzu Elf dan truk Fuso yang terlibat kecelakaan .
Istimewa/TribunJatim.com
Kondisi Isuzu Elf dan truk Fuso yang terlibat kecelakaan .

GridOto.com - Insiden kecelakaan tabrak belakang truk kembali terjadi, terbaru Isuzu Elf berpenumpang tabrak truk Fuso di Jalan Tol Trans Jawa di Jawa Tengah.

Kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi di Tol Bawen-Ungaran, tepatnya di KM 438 sekitar pukul 04.05 WIB pada Sabtu (24/9) lalu yang mengakibatkan lima orang meninggal dunia.

Melihat kejadian tersebut, Andry Berlianto, Instruktur Defensive Driving Global Defensive Driving Consulting (GDDC), mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara di dekat truk.

Pertama adalah pengemudi harus menjaga jarak serta hindari berada di area blind spot dengan kendaraan besar atau truk tersebut

"Saat berada di sekitar truk pastikan kita tidak berada di area blind sport truk tersebut. Cara paling sederhana adalah dengan melihat kaca spion truk pengemudi," ujar Andry kepada GridOto.com, Selasa (27/09/2022).

"Jika kita bisa melihat pantulan pengemudi maka pengemudi tersebut juga bisa melihat kita, posisi kita akan masuk dalam blind spot jika kita tidak dapat melihat pengemudi truk tersebut di kaca spionnya," sambungnya.

Andry mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dengan bersikap selalu fokus berada di belakang kemudi.

"Tidak teralihkan oleh aktivitas lain seperti main ponsel, mengobrol, bernyanyi dan semua hal yang berpotensi menghilangkan konsentrasi," ungkap Andry.

Serta meningkatkan waspada terhadap lingkungan sekitar dengan cara memperhatikan sekeliling kendaraan.

Baca Juga: Soroti Kecelakaan Maut Isuzu Elf vs Truk Fuso di Tol Bawen, Pengamat Sarankan Hal Ini untuk Menekan Fatalitas Tabrak Belakang Truk

"Bisa juga dengan membiasakan diri melakukan cek spion setiap 5 sampai 8 detik sekali agar kita aware terhadap keberadaan kendaraan lain di sekitar kita," jelasnya.

Terakhir, Andry menerangkan jika ingin mendahului truk lakukan komunikasi dengan klakson untuk mengambil perhatian pengemudi truk bahwa sobat sedang berada di dekatnya.


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa