Soroti Kecelakaan Maut Isuzu Elf vs Truk Fuso di Tol Bawen, Pengamat Sarankan Hal Ini untuk Menekan Fatalitas Tabrak Belakang Truk

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 25 September 2022 | 11:50 WIB
Kondisi Isuzu Elf dan truk Fuso yang terlibat kecelakaan .
Istimewa/TribunJatim.com
Kondisi Isuzu Elf dan truk Fuso yang terlibat kecelakaan .

GridOto.com - Insiden kecelakaan tabrak belakang truk kembali terjadi, terbaru Isuzu Elf berpenumpang tabrak truk Fuso di Jalan Tol Trans Jawa di Jawa Tengah.

Kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi di Tol Bawen-Ungaran, tepatnya di KM 438 sekitar pukul 04.05 WIB pada Sabtu (24/9) kemarin yang mengakibatkan lima orang meninggal dunia.

Pengamat transportasi sekaligus Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia, Djoko Setijowarno, mengatakan harus ada upaya menekan fatalitas kendaraan tabrak belakang truk.

Menurutnya saat berkendara di jalan tol, truk merupakan kendaraan yang berisiko besar ditabrak dari belakang.

Sehingga apabila kendaraan truk dilengkapi dengan perisai atau Rear Underrun Protection (RUP) tingkat fatalitas bisa turun dengan drastis.

"Jika pemilik atau pengusaha truk memahami risiko ini, maka sebaiknya semua truk besar dipasangi perisai atau RUP ( bumper belakang)," ujar Djoko, Minggu (25/09/2022).

Perisai kolong belakang truk
Dok. MTI
Perisai kolong belakang truk

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 74 Tahun 2021 tentang Perlengkapan Keselamatan Kendaraan Bermotor, dengan bertujuan untuk menurunkan tingkat fatalitas korban yang menabrak.

Djoko melanjutkan, terdapat dua bagian penempatan perisai pada kendaraan beroda empat atau lebih seperti truk yaitu dikolong belakang dan samping.

Perisai kolong belakang dipasang jenis mobil barang dengan JBB mulai 5.000 kilogram, kereta gandeng, atau kereta tempelan yang pemasangannya dilakukan oleh pembuat, perakit, atau perusahaan karoseri.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Isuzu Elf vs Truk Fuso Terjadi di Ruas Tol Bawen-Ungaran, Lima Orang Meninggal Dunia

Sementara perisai samping dilakukan pada mobil barang, tidak boleh melebihi atau sejajar bagian terluar dari dinding samping mobil barang.

"KNKT telah mengidentifikasi semua fatalitas kendaraan yang menabrak truk dari belakang disebabkan karena masuk ke dalam kolong truk," ucap Djoko.

Sehinga Djoko mengungkapkan cara mencegahnya adalah dengan memasang bumper belakang pada semua truk tanpa kecuali.

"Pasalnya, truk adalah kendaraan yang berjalan lebih lambat dari kendaraan lainnya dan sering jadi sasaran empuk kendaraan yang lebih cepat dan pengemudinya lengah atau mengantuk," pungkasnya.


Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa