Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengerjaan Jalan Tol Japek II Selatan Dikebut, Segmen Sadang-Kutanagara Ditargetkan Tuntas Desember 2022

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 21 September 2022 | 19:40 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini.
Dok. Jasa Marga
Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini.

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), percepat pembangunan Tol Jakarta-Cikamprek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km.

Jalan tol Japek II Selatan akan menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di Jawa Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan percepatan dilakukan guna mendukung arus lalu lintas saat libur Nataru akhir tahun nanti.

"Kita akan selesaikan dulu ruas Sadang-Kutanagara 9 Km pada Desember 2022 ntuk mendukung arus libur Nataru," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/09/2022).

Saat meninjau progres pembangunan, Basuki mengungkapkan penyelesaian Jalan Tol Japek II Selatan saat ini terkendala masalah finansial.

"Saya sudah menghubungi Pak Wamen BUMN untuk bisa mendorong PT. Jasa Marga mempercepat penyelesaian termin pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67 persen," katanya.

Ia pun berharap PT Waskita Karya (Persero) selaku pelaksana konstruksi dapat fokus menyelesaikan pekerjaan Tol Japek II Selatan.

"Kita coba untuk bisa selesaikan seluruhnya pada 2024. Untuk Lebaran 2023, kita coba sampai Gate Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gate Jati Asih 2024," ungkap Basuki.

Sekilas info, Jalan Tol Japek II Selatan membentang sepanjang 64 km dengan biaya investasi sebesar Rp 14,69 triliun dengan masa konsesi 35 tahun.

Baca Juga: Ada Perbaikan Tol, Jangan Sampai Kejebak Macet di Tol Japek, Ini Titiknya

Nantinya pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan diharapkan menjadi alternatif rute masyarakat dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya.

Adapun pembangunan jalan tol ini terbagi menjadi 3 seksi, yaitu Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 km, Seksi 2 Setu-Taman Mekar 24,85 km dan Seksi 3 Raman Mekar-Sadang 27,85 km.

Secara kontruksi, jalan tol ini akan memiliki 7 buah Gerbang Tol (GT) mulai GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanagara, dan GT Sadang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa