Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Habiskan Rp 14 Triliun, Target Kontruksi 6 Ruas Rampung 2024

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:05 WIB
Proyek pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76 km
Dok.Kementerian PUPR
Proyek pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76 km

GridOto.com - Pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76 km, bisa dikatakan menjadi salah satu proyek yang sedang difokuskan pemerintah.

Pasalnya keberadaan jalan tol yang dimulai pembangunan awal 2022 ini untuk meningkatkan konektivitas, khususnya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Adapun jalan tol Yogyakarta-Bawen nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Semarang-Solo, dan Jalan Tol Solo-Yogyakarta International Airport Kulonprogo.

Sehingga akan membentuk segitiga emas yang dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah khususnya Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki hadimuljono dalam tinjauannya menyampaikan empat pesan terkait kualitas yang baik menjadi keharusan.

"Pertama quality is a must. Perhatikan kualitas jalan tol. Banyak contoh baik yang bisa kita tiru dan contoh buruk yang harus kita hadapi," ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/08/2022).

Selain kualitas, saat tinjauannya di tol Yogyakarta-Bawen ini agar biaya pelaksanaan pembangunan bisa ditekan.

"Jangan over design atau over engineering yang mengakibatkan bengkaknya biaya tambahan (cost overrun). Tolong cari second opinion dari ahli yang kompeten. Review design sekaligus menjadi value engineering untuk proyek ini," tambahnya.

Lebih lanjut, Basuki meminta aspek estetika dan lingkungan dalam pembangunan tol Yogyakarta-Bawen betul-betul diperhatikan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau proyek pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen.
Dok. Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau proyek pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen.

Baca Juga: Tol Yogyakarta-Bawen Bakal Hubungkan Segitiga Emas Joglosemar, Konstruksi Seksi 1 Ditargetkan Selesai Tahun Depan

"Batasi cut and fill, tetapi buat terowongan (tunnel), seperti di area kebon kopi Banaran, Bawen. Penghijauan tebing diperhatikan, jangan ada tanah yang tertinggal," kata Basuki.

Terakhir, ia menyampaikan pesan untuk BUJT bisa merumuskan strategi percepatan sehingga seksi 1 dan 6 bisa tuntas konstruksinya tepat waktu di tahun 2024.

"Ruas tol Yogyakarta- Bawen ini sangat penting dan menjadi prioritas Pemerintah," jelasnya.

Jalan tol Yogyakarta-bawen dibangun dengan nilai investasi yang cukup besar senilai Rp 14,26 triliun.

Jalan tol ini terdiri dari 6 seksi yaitu seksi 1 Sleman - Banyurejo 8,25 km, seksi 2 Banyurejo-Borobudur 15,26 km, seksi 3 Borobudur-Magelang 8,08 km.

Kemudian seksi 4 Magelang-Temanggung 16,26 km, seksi 5 Temanggung-Ambarawa  22,56 km, seksi 6 Ambarawa-Junction Bawen terkoneksi Tol Semarang-Solo 5,21 km.


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa