Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sah, Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 20 September 2022 | 17:15 WIB
Dua ruas jalan tol kawasan Jabodetabek yaitu ruas Cibitung-Cilincing dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A diresmikan Presiden RI Joko Widodo.
Dok. Kementerian PUPR
Dua ruas jalan tol kawasan Jabodetabek yaitu ruas Cibitung-Cilincing dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A diresmikan Presiden RI Joko Widodo.

GridOto.com - Ruas Tol Cibitung-Cilincing dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Selasa (20/09/2022).

Presiden Jokowi mengatakan, kehadiran Ruas Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 km bisa mempercepat mobilitas barang yang berasal dari kawasan industri dan logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2 dan kita harapkan JORR 2 ini akan rampung selesai 100 persen di akhir tahun 2023," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis, Selasa (20/09/2022).

Adapun Jalan Tol Cibitung-Cilincing memiliki panjang seluruhnya 34,8 km, dari Seksi 1 Cibitung–Telaga Asih sepanjang 3,03 km sudah beroperasi 2,65 km pada Juli 2021.

Kemudian Seksi 2 dan 3 Telaga Asih–Tarumajaya sepanjang 24,5 km, dan Seksi 4 Tarumajaya–Cilincing dalam tahap konstruksi 96 persen dengan target selesai Desember 2022.

Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, kedua ruas yang masuk dalam bagian Tol JORR 2 ini dapat mempersingkat waktu tempuh, khususnya dari wilayah Timur Jakarta.

"Dari Cibitung menuju Utara Jakarta di Tanjung Priok dari sekitar 1 jam lebih lewat Japek dan tol dalam kota, menjadi sekitar setengah jam," ucap Basuki dalam kesempatan yang sama.

Lanjut dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga meresmikan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-CBD) sepanjang 4 km.

Baca Juga: Tingkatkan Konektivitas, Kementerian PUPR Targetkan 283,15 KM Ruas Jalan Tol Baru Beroperasi Hingga Akhir 2022

"Ruas ini adalah awal dari JORR 3, sehingga nanti ketika JORR 2 dan JORR 3 selesai, dari barat ke timur, dari timur ke barat, tidak usah melalui tengah Jakarta. Ini yang akan mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta," jelas Presiden Jokowi.

Pelaksanaan Tol Serpong-Balaraja dibagi menjadi dua tahap, dimulai Seksi 1A Serpong-CBD yang diresmikan hari ini dan Seksi 1B CBD-Legok ditargetkan operasional pada kuarter II 2023.

Sementara untuk pembangunan Tahap II yaitu Seksi 2 Legok-Pasir Barat dan Seksi 3 Pasir Barat-Balaraja akan dilanjutkan pada 2023 sampai 2025.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa