Pilih Harga BBM Bersubsidi Naik atau Pembatasan? Yuk-yuk, Segera Diputuskan!

Panji Maulana - Senin, 29 Agustus 2022 | 11:30 WIB
Wacana kenaikan harga BBM bersubsidi Pertalite mulai merebak di tengah masyarakat
Pertamina
Wacana kenaikan harga BBM bersubsidi Pertalite mulai merebak di tengah masyarakat

GridOto.com – Kabar kenaikan harga BBM bersubsidi Pertalite dan Solar sudah santer. Hingga prediksi bermunculan, harga Pertalite akan naik jadi Rp 9.000-10.000 dari Rp 7.650 perliter. Lalu Solar naik dari Rp 5.150 ke Rp 6.500-7.000 perliter.

Spekulasi kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar itu beredar setelah Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan minggu lalu (21/8/2022) mengatakan Presiden Jokowi kemungkinan besar akan mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi Pertalite dan Solar pekan depan.

Namun hingga tulisan ini dibuat (28/8/2022), keputusan kenaikan harga Pertalite maupun Solar tersebut belum dirilis oleh Pemerintah. Alhasil membuat keresahan masyarakat.

Terbukti, terjadi panic buying di tengah masyarakat, terutama saat mau beli Pertalite harus mengular (antre) saat ini. Awalnya terjadi di sebagian kecil SPBU Pertamina, tapi seminggu ke belakang sudah meluas ke mana-mana di seluruh Indonesia.

Wajar kalau masyarakat seakan takut kalau-kalau harga Pertalite tiba-tiba naik esok harinya. Mau enggak mau, mereka rela antre untuk ngisi full tank kendaraan tiap harinya. 

Berbeda sekali pada jalur bensin jenis Pertamax. Enggak perlu antre, lancar jaya di semua SPBU Pertamina. 

Kelangkaan Pertalite di SPBU CIbinong, Bogor bikin pengelola fokusnya penjualan ke motor saja
Tribunnewsbogor.com/Muamarrudin Irfani
Kelangkaan Pertalite di SPBU CIbinong, Bogor bikin pengelola fokusnya penjualan ke motor saja

Pantas kalau jalur Pertamax kosong, sebab selisih harga antara Pertalite dan Pertamax cukup jauh pascakenaikan harga Pertamax menjadi Rp 12.500 perliter per 1 April 2022 lalu.

Kepanikan masyarakat bertambah setelah ucapan dari Menko Kemaritiman dan Investasi itu. Semakin antre lagi setiap hari. 

Apa sih sebenarnya yang dibutuhkan pemilik kendaraan sekarang ini? Simpel aja sih, kepastian! Harga naik atau pembatasan pembelian BBM bersubsidi, khususnya Pertalite.


Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa