Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Mulai Dibangun, Target Beroperasi Penuh pada 2024

Muslimin Trisyuliono - Senin, 8 Agustus 2022 | 18:39 WIB
Ilustrasi jalan tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung.
Dok. PT Wika Serang Panimbang
Ilustrasi jalan tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung.

GridOto.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang, seksi 3 ruas Cileles-Panimbang sepanjang 33 km.

Percepatan pembangunan tol ditandai dengan pelatakan batu pertama (groundbreaking) dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Basuki mengatakan, Jalan Tol Serang-Panimbang membentang sepanjang 83,7 km terbagi dalam tiga seksi, yaitu seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,50 km telah beroperasi sejak Desember 2021.

Dilanjutkan dengan seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,1 km dengan progres kontruksi 31,20 persen, dan seksi 3 Cileles-Panimbang sepanjang 33 km.

"Sekarang kita groundbreaking bagian pemerintah dengan anggaran Rp 4,6 triliun akan kita selesaikan pada kuartal pertama 2024 untuk mendukung destinasi wista Tanjung Lesung," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Senin (08/08/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menargetkan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 km akan rampung pada 2024.

Jalan Tol Serang-Panimbang akan melintasi beberapa kabupaten di Provinsi Banten seperti Serang, Lebak, dan Pandeglang.

Nantinya jalan tol ini akan tersambung dengan Tol Jakarta-Merak, termasuk mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten seperti Kawasan Pariwisata Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Basuki melanjutkan, kehadiran Jalan Tol Serang-Panimbang diharapkan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan.

Baca Juga: Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Resmi Dioperasikan, Bakal Pangkas Waktu Perjalanan Jadi 20 Menit Saja

Sebelumnya dari Jakarta menuju Tanjung Lesung membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 sampai 5 jam, nantinya hanya sekitar 2 sampai 3 jam.

Dikesempatan yang sama, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kehadiran jalan tol ini akan mendorong perekonomian di wilayah Banten khususnya sektor pariwisata dan industri.

"Pertumbuhan ekonomi Banten akan tambah bagus, sekarang sudah lebih dari 5,4 persen atau diatas rata-rata nasional. Jadi kalau tol ini selesai, saya kira mereka dapat tumbuh di atas 6 persen dalam beberapa tahun ke depan," ucap Menko Luhut.

Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Cileles-Panimbang akan diikuti dengan pembangunan 18 jembatan, 3 underpass, dan 11 overpass.

Adapun yang bertindak selaku kontraktor adalah PT. Wijaya Karya dan PT. Adhi Karya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa