Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sudah Masuk Bulan Agustus 2022, Pelat Putih Belum Juga Berlaku, Ini Penjelasan Korlantas Polri

M. Adam Samudra - Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:35 WIB
Ilustrasi pelat nomor putih
Istimewa
Ilustrasi pelat nomor putih

GridOto.com - Rencana penerapan pergantian warna dasar pada Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dari hitam ke putih direncanakan akan dimulai pertengahan 2022.

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Prianto menyebut, pada pelaksanaannya pemberlakuan aturan itu bertahap atau tidak langsung diganti, karena menghabiskan material lama terlebih dahulu serta menyesuaikan masa berlaku STNK tiap pemilik.

"Untuk pelat putih belum ada (yang pakai) ya. Kita masih prioritaskan kepada penggunaan pelat hitam dulu sampai stoknya habis," kata Kombes Pol Prianto kepada GridOto.com, Selasa (2/8/2022).

Kendati demikian, belum semua kendaraan bisa memakai pelat putih.

Apalagi, kendaraan yang pajak lima tahunannya itu masih panjang atau lama untuk pergantian pelat nomor putih.

Artinya, pembelakuan pelat nomor putih baru diutamakan pada kendaraan yang telah memasuki pembayaran pajak lima tahunan serta kendaraan baru.

"Tapi apabila ada kebijakan lagi, ya bisa berubah, tapi prioritasnya sih kalaupun ada penggunaan pelat putih itu hanya untuk kendaraan baru, perpanjangan lima tahun. Rencana dalam waktu dekat mungkin secepatnya," sambungnya lagi.

Perlu dipahami, bahwa material yang diadakan menggunakan uang negara. Oleh sebab itu harus dihabiskan terlebih dahulu.

Sekadar informasi, penerapan pergantian warna dasar plat nomor merupakan tindak lanjut dari Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Baca Juga: Mulai Banyak Mobil Pakai Pelat Nomor Putih, Polisi Sebut Belum Berlaku

Perubahan tersebut salah satunya berupa pergantian warna kendaraan perseorangan dan badan hukum/perusahaan yang dari semula berlatar hitam bertulisan putih, menjadi berlatar putih bertuliskan hitam.

Perubahan ini juga untuk lebih memudahkan mengcek pelanggar lalu lintas dan mengefektifkan penggunaan kamera ELTE dalam menangkap kendaraan yang melakukan pelanggaran di jalan.
 
 
 
 

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa