Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perusahaan Otomotif Jepang, Korea Selatan, dan China Tanam Investasi di Indonesia, Totalnya Sampai Rp 139 Triliun

Naufal Shafly - Minggu, 31 Juli 2022 | 11:40 WIB
Ilustrasi. Industri otomotif Indonesia
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi. Industri otomotif Indonesia

GridOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut idustri otomotif Indonesia mendapatkan sejumlah investasi dari beberapa pabrikan Jepang, Korea Selatan, dan China.

Menurut Kemenperin, sampai saat ini terdapat 21 industri perakitan kendaraan roda empat atau lebih, dengan total investasi mencapai Rp 139,36 triliun.

Investasi tersebut berasal dari Jepang sebesar Rp 116,1 triliun (83,31 persen), disusul Korea Selatan sebesar Rp 10,54 triliun (7,56 persen) dan China sebesar Rp 11,3 triliun (8,11 persen).

Selebihnya adalah investasi didapat dari Uni Eropa dan dalam negeri, yaitu sebesar Rp 1,42 triliun (1,02 persen).

Brand Jepang

Untuk pabrikan Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto berhasil mengantongi komitmen beberapa merek untuk terus meningkatkan investasi di Indonesia.

Komitmen investasi pertama datang dari Mitsubishi Motor Company (MMC) sebesar Rp 10 triliun yang akan direalisasikan pada 2022 hingga 2025.

Selanjutnya, komitmen investasi juga didapat dari Toyota Motor Corporation (TMC) yang akan menambah investasi sebesar Rp 27,1 triliun untuk lima tahun ke depan (2022-2026).

“Mitsubishi terus merealisasikan komitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi mobil hybrid dan meningkatkan pasar ekspor, termasuk melakukan perluasan pasar ekspor baru, dari 30 menjadi 39 negara, sampai dengan tahun 2024,” ujar Menperin dalam keterangan resminya, Jumat (29/7).

Baca Juga: Investasi Rp 14 Triliun, Chery Siap Produksi Mobil Listrik Sekaligus Baterainya di Indonesia

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa