Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersiap Hadapi Era Elektrifikasi, FDR Kembangkan Ban Khusus Untuk Motor Listrik

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 29 Juni 2022 | 11:35 WIB
Motor listrik Gesits dibekali fitur keren dan kekinian
Didit/otomotifnet.com
Motor listrik Gesits dibekali fitur keren dan kekinian

GridOto.com - Gencarnya pemasaran dan insentif dari pemerintah membuat ketertarikan masyarakat terhadap kendaraan listrik terus meningkat.

Hal tersebut didukung dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Kehadiran kendaraan listrik ini tentunya tidak luput dari perhatian produsen ban seperti FDR.

Zandhy Utama, FDR Division Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku Produsen ban FDR, mengatakan pihaknya tengah mengembangkan ban khusus untuk motor listrik.

Ini dilakukan karena motor listrik memiliki karakter yang berbeda dengan motor bermesin konvensional yakni torsi instan.

"Pastinya ya nanti harus diciptakan ban-ban yang benar-benar lebih efisien, karena ban itu sangat berpengaruh gesekan terhadap permukaan jalan," ujar Zandhy di sela peluncuran ban FDR Velogrip di Jakarta belum lama ini.

"Harusnya kita ciptakan yang low rolling ratio, gesekan seminimal mungkin supaya menghemat energi," sambungnya.

Zandhy mengungkapkan, saat ini riset telah dilakukan untuk pengembangan ban motor listrik yang lebih mengedepankan efisiensi daya.

"Pastinya kami mengarah ke sana, riset sudah berjalan. Kami sudah punya teknologi itu, tinggal tunggu saja," pungkasnya.

Ilustrasi ban FDR
Muslim/GridOto.com
Ilustrasi ban FDR

Baca Juga: FDR Luncurkan Ban Matik Baru Namanya Velogrip, Harganya Mulai Rp 287 Ribuan

Sekilas informasi, Pemerintah terus mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik dalam rangka mencapai target net zero carbon emission pada 2060.

Adapun target penetrasi kendaraan listrik di Tanah Air sebesar 2 juta unit untuk roda empat dan 13 juta roda dua pada tahun 2030.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa