Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Jangan Cuma Tergiur Harga Murah, Periksa Dulu Bagian Ini Sebelum Membeli KIA Sorento Bekas

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 26 Juni 2022 | 18:45 WIB
Ilustrasi KIA Sorento
Ilustrasi KIA Sorento

GridOto.com - Bagi sobat yang ingin memiliki SUV bekas asal Negeri Ginseng dan KIA Sorento masuk ke dalam daftar, simak dulu tipsnya biar tidak salah pilih unit.

Pasalnya di pasar mobil bekas, KIA Sorento varian 2.4L bensin lansiran 2013 sampai 2015 sudah relatif terjangkau, yakni mulai Rp 170 juta sampai Rp 220 juta tergantung kondisi unit.

Menurut Wahidin Sugianto, pemilik bengkel spesialis KIA dan Hyundai, Dian't Jaya Motor (DJM) di bilangan BSD, Tangerang Selatan, apabila ingin membeli KIA Sorento varian 2.4L bensin bekas pastikan kondisi mesin sehat.

Cara cukup simpel mendeteksi mesin yang kurang sehat, yaitu cukup mendengarkan suara yang dikeluarkan.

"Pastikan suara mesin masih halus karena karakter KIA Sorento 2.4L bensin itu halus. Kalau sudah agak kasar lebih baik cari yang lain, takutnya setelah beli banyak yang harus diperbaiki," ujar Wahidin kepada GridOto.com, Jumat (24/06/2022).

Langkah selanjutnya bisa mengecek perpindahan transmisi matik dari KIA Sorento incaran apakah masih halus atau tidak.

Jika dirasa aman, sobat bisa melakukan tes jalan untuk mengetahui bagian kaki-kaki karena menjadi komponen yang paling sering bermasalah.

"Ciri-cirinya saat lewat jalan keriting ada bunyi, itu kaki-kaki sudah mulai bermasalah seperti ada yang sudah pecah bushing-bushingnya, karet stabilizer kaku atau link stabilizer sudah oblak," ungkap Wahidin.

Buat yang masih ragu setelah melakukan pengecekan sendiri, di bengkel Dian't Jaya Motor juga menerima jasa pengecekan unit KIA Sorento secara menyeluruh.

Baca Juga: Seken Keren - Penyakit KIA Sorento Menurut Bengkel Spesialis Bukan di Mesin, Tapi Bagian Ini yang Sering Bermasalah

"Bisa cek di bengkel tidak dikenakan biaya karena itu salah satu pelayanan dari kami. Kalau mau bawa teknisi kami selagi kejangkau diusahakan," ucapnya.

Soal biaya tidak perlu khawatir, Wahidin mematok untuk sekali pengecekan unit di luar bengkelnya sebesar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu.

Dian't Jaya Motor (DJM): BSD Autoparts Blok G nomor 19, Tangerang Selatan

Telp: 0851-0041-5166

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa