Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsumen Bisa Gigit Jari, Semua Model CBU Kawasaki Indennya Jadi Lebih Lama, Beli Ninja H2 Bisa Delapan Bulan!

Harun Rasyid - Rabu, 15 Juni 2022 | 18:56 WIB
Kawasaki Ninja H2
kawasaki-motors.com
Kawasaki Ninja H2

GridOto.com - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sedang terkendala dengan pemesanan motor berstatus Completely Build Up (CBU) dari para konsumennya.

Hal ini disebabkan oleh sulitnya perizinan importasi motor CBU yang ingin dipasarkan di Tanah Air.

Kesulitan importasi motor CBU, juga menyebabkan KMI tidak akan menghadirkan Kawasaki Z650RS dalam waktu dekat.

"Pak Presiden sudah menyatakan untuk mengurangi pemakaian produk impor. Hal ini berpengaruh juga untuk motor CBU yang indennya luar biasa lama," ujar Michael C. Tanadhi, Head Sales and Promotion KMI, saat peluncuran Kawasaki KLX 230 terbaru di Jakarta belum lama ini.

Ia mengatakan, pemesanan motor CBU Kawasaki di dealer juga membutuhkan instruksi dari pabrikan langsung.

"Kalau kami dapat izin importasi, baru kami bisa buka order atau inden. Jadi konsumen harus menunggu dari pabrikan kalau kami buka atau tidak indennya," kata Michael.

"Kemudian dealer juga tidak bisa menerima DP (Down Payment) pemesanan motor CBU sebelum ada himbauan dari KMI. Hal ini berlaku untuk semua model CBU," lanjutnya.

Lebih lanjut, pemesanan motor CBU Kawasaki akhirnya membutuhkan waktu yang lebih lama.

"Waktu indennya bervariasi. Misalnya pemerintah mengizinkan hari ini, kami order bisa 4 sampai 5 bulan. Apalagi dengan adanya shortage semikonduktor, sementara untuk big bike itu memakai banyak semikonduktor," sebut Michael.

Baca Juga: Kena Krisis Chip Semikonduktor, Beli Kawasaki Ninja ZX-25R Varian Ini Jadi Inden Lebih Lama, Berikut Daftar Harganya

Selain itu, suplai motor CBU Kawasaki juga terkendala dengan sejumlah masalah lainnya mulai dari dokumen hingga logistiknya.

"Jadi inden bisa lebih lama, semisal enam sampai tujuh bulan karena tergantung dokumen impor dan suplai dari negara pembuatnya. Kesulitan lainnya yaitu dari perusahaan logistik yang sedang kekurangan kontainer," papar Michael.

Desain baru Kawasaki New Versys 650.
Kawasaki Motor Indoesia
Desain baru Kawasaki New Versys 650.


Untuk modelnya, Kawasaki Versys 650 dinilai menjadi motor CBU yang paling banyak dipesan konsumen.

"Saat ini Versys 650 karena belum lama diluncurkan. Diperkirakan indennya mungkin ada 100 unit, sedangkan pas launching kami cuma dikasih jatah 30 unit yang waktu itu sudah sold out dalam dua jam," ungkap Michael.

Berikutnya, pemesanan Kawasaki H2 juga terkendala masalah tersebut yang menyebabkan pemesanannya bisa memakan waktu sekitar delapan bulan.

"H2 ini memang produksinya dibatasi. Jadi hanya bisa pesan di November untuk tahun depannya. Kebetulan yang order November 2021 baru bisa keluar unitnya sekitar Juni atau Juli ini," tutup Michael.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa