Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Kunci Perawatan Kawasaki KLX 150 dari Bengkel Spesialis, Biayanya Servisnya Mulai Rp 75 Ribu

Harun Rasyid - Minggu, 12 Juni 2022 | 18:32 WIB
Ilustrasi Kawasaki KLX 150
Dok. Otomotif
Ilustrasi Kawasaki KLX 150

GridOto.com - Aspek perawatan, sebaiknya turut menjadi pertimbangan calon pemilik sebelum meminang Kawasaki KLX 150 bekas incaran.

Sebab dengan perawatan yang tepat, performa mesin hingga komponen lain pada Kawasaki KLX 150 bisa tetap prima selama pemakaian.

Agung Agustian, Owner bengkel Abah Custom di Jakarta Timur mengatakan, servis rutin Kawasaki KLX 150 sebaiknya perlu diperhatikan.

"Servis rutin KLX 150 wajib sebulan sekali atau per 1.000 kilometer. Karena dia masih pakai karburator, pengerjaan servisnya yaitu bersihkan karburator, cek filter udara, cek klep, busi, sama rantai," ujarnya kepada GridOto.com, Minggu (12/6/2022).

Pemilik rival Honda CRF150L dan Yamaha WR155 ini juga jangan sampai lupa untuk mengganti oli mesinnya saat servis rutin.

"Servis rutin berbarengan dengan ganti oli mesin. Tapi setelah dua kali ganti oli mesin, dianjurkan ganti oli filternya," sebut Agung yang bengkelnya banyak menangani motor trail tersebut.

Sementara jika filter oli KLX 150 tidak rutin diganti, dampaknya akan berpengaruh ke sirkulasi oli yang melumasi mesinnya.

"Filter oli ini fungsinya untuk menyaring kotoran-kotoran semisal lumpur atau sludge oil. Sehingga aliran oli tetap normal dan kotoran tersebut tidak masuk ke bagian lain semisal kruk as atau camshaft," terang Agung.

"Lalu untuk harga filter oli Kawasaki KLX 150 biasanya sekitar Rp 70 ribuan," lanjutnya.

Baca Juga: Seken Keren - Kawasaki KLX 150 Desainnya Masih Gagah, Opsi Menarik untuk Motor Hobi, Harganya Kini Mulai Rp 19 Juta

Sementara saat penggantian oli mesinnya, Abah Custom biasa menggunakan oli dengan SAE 10W40 sebanyak 1,3 liter.

"Karena 1,3 liter, konsumen biasa beli dua botol oli kapasitas 0,8 liter hingga satu liter. Lalu sisanya bisa dikumpulkan untuk dipakai kembali," kata pria ramah tersebut.

Abah Custom, bengkel motor trail jadi rujukan komunitas Kawasaki KLX 150
Isal/GridOto.com
Abah Custom, bengkel motor trail jadi rujukan komunitas Kawasaki KLX 150


Soal harga olinya, cukup bervariasi mulai dari Rp 80 ribu sampai Rp 300 ribuan per liter.

"Harga tergantung olinya. Di sini biasa pakai Shell, Pertamina, Delta Lube hingga Motul, Amsoil dan Ipone. Sedangkan untuk biaya jasa servisnya cuma Rp 75 ribu di luar harga oli dan spare part yang diganti," tutup Agung.

Abah Custom

Jalan Damai No.3, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Telp: 081310741884

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa