Lalui Perjalanan 16 Hari, DHL Ceritakan Proses Pengiriman Logistik Formula E ke Jakarta

Naufal Shafly - Jumat, 3 Juni 2022 | 19:10 WIB
Semua pengiriman mobil, suku cadang dan kebutuhan balap Formula E dilakukan oleh DHL ke seluruh penjuru dunia.
DAB/OtoRace
Semua pengiriman mobil, suku cadang dan kebutuhan balap Formula E dilakukan oleh DHL ke seluruh penjuru dunia.

GridOto.com - Sebagai mitra pendiri dan logistik resmi balap Formula E, DHL bekerja sama dengan tim DHL Motorsports melakukan pengiriman komponen mobil balap Formula E ke Indonesia.

Bukan cuma mobil, DHL juga melakukan pengiriman baterai, unit pengisian daya, serta peralatan media dan penyiaran ke Indonesia.

DHL juga turut menyediakan layanan nilai tambah seperti kepabeanan dan pemeriksaan fisik, pengantaran dengan truk, serta forklift dan peralatan dengan standar tinggi.

"Kami sangat senang dengan adanya balapan Formula E di Jakarta untuk pertama kalinya. Pendekatan transportasi multi-moda kami yang disesuaikan memaksimalkan efisiensi dan mengurangi emisi CO2, semakin mendorong agenda hijau yang lebih jauh untuk Formula E dan DHL," ucap President Director DHL Global Forwarding Indonesia, Vincent Yong, dalam keterangan resminya, Kamis (2/6/2022).

Sebelumnya, logistik Formula E ini telah menjalani perjalanan panjang usai seri sebelumnya digelar di Berlin, Jerman (15/5/2022).

Usai balapan di Berlin, semua peralatan 'sirkus' untuk Formula E Jakarta ini menempuh perjalanan selama 16 hari hingga akhirnya tiba di Indonesia.

Vincent pun membeberkan rahasia jitu DHL, agar bisa mengirimkan kargo tepat waktu meskipun melalui perjalanan panjang.

"Kemampuan kami di seluruh dunia, kami bisa mengurus dengan sangat cepat dan rapi, sehingga bisa selesai tepat waktu," tutur Vincent dikutip dari OtoRace.id, Jumat (3/6/2022).

"Jadi begitu balapan di Berlin selesai, semuanya langsung kami bereskan dan siap kirim menuju bandara atau pelabuhan," lanjutnya.

Baca Juga: Ini Panduan Penonton Formula E Jakarta 2022 Menuju ke Sirkuit Ancol

Ia pun menjelaskan alasan mengapa pihaknya menggunakan kapal laut untuk proses pengiriman logistik Formula E.

Sebab kapal bisa menampung lebih banyak muatan daripada pesawat kargo, serta biayanya juga relatif lebih murah.

"Syukurnya kami tepat waktu untuk menjalani pengiriman selama 16 hari dan langsung tiba di Jakarta untuk pemeriksaan Bea Cukai," Vincent Yong menjelaskan.

Pemeriksaan tidak dilakukan di pelabuhan, melainkan langsung dibawa ke Jakarta International Stadium (JIS).

Tujuannya agar memudahkan pemeriksaan karena ini bukan barang kiriman biasa, serta akan lebih gampang untuk dibawa ke area sirkuit.


Editor : Fendi
Sumber : OtoRace.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa