Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki XL7 Buatan Cikarang Laris Manis di Negara Lain, Ekspor Meningkat Hingga 30 Persen

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 1 Juni 2022 | 18:20 WIB
Suzuki XL7 jadi primadona Suzuki di pasar ekspor.
Vedhit/GridOto.com
Suzuki XL7 jadi primadona Suzuki di pasar ekspor.

GridOto.com - XL7 tampil sebagai primadona penjualan PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) di pasar ekspor selama empat bulan pertama tahun ini, atau periode Januari hingga April 2022 lalu.

MPV Crossover buatan pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat ini juga mengalami peningkatan ekspor secara CBU (Completely Built Up) sebesar 30 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tercatat lima negara sebagai pemesan terbanyak XL7 buatan Cikarang tersebut, dari total 51 negara yang menjadi tujuan ekspor Suzuki Indonesia.

"Vietnam, Filipina, Meksiko, Thailand, dan Taiwan menjadi lima negara dengan permintaan tertinggi terhadap XL7," ujar Wijananto Jati Pradono, Production Planning Control Assistant to Dept. Head SIM dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022).

"Sepanjang 2022, Suzuki melakukan ekspor ke 51 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Oseania, hingga Afrika. Baik melalui pelabuhan Patimban maupun Tanjung Priok," lanjutnya.

Ilustrasi ekspor Suzuki.
suzuki.co.id
Ilustrasi ekspor Suzuki.

Lanjut menurut Wijananto, capaian positif yang ditorehkan XL7 juga berdampak terhadap total ekspor CBU Suzuki, yang meningkat 17 persen selama empat bulan pertama 2022 kemarin.

Berdasarkan angka tersebut, XL7 mendominasi sebesar 30 persen dan berkontribusi hingga 16,4 persen dari total ekspor mobil Suzuki Indonesia.

Kemudian ada Suzuki APV dengan peningkatan 26 persen, diikuti oleh All New Ertiga dan New Carry Pikap yang masing-masing mencatatkan angka peningkatan 14 persen.

Sedangkan untuk kategori ekspor mobil secara terurai atau CKD (Completely Knocked Down), Suzuki berhasil mencatat peningkatan hingga 22 persen.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa