Seken Keren - Enggak Usah Takut Susah Cari Spare Part, V-Belt Peugeot Django Bisa Substitusi Pakai Punya Motor Ini

Wisnu Andebar - Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:11 WIB
Peugeot Django
Wisnu/GridOto.com
Peugeot Django

GridOto.com - Peugeot Django terpilih menjadi skuter matik (skutik) yang dibahas dalam rubrik seken keren minggu ini.

Sebelum sobat memboyongnya, sebaiknya mengetahui komponen yang bisa substitusi atau saling tukar dengan kepunyaan motor lainnya.

Pasalnya, untuk komponen yang tergolong fast moving saja bisa dibilang sulit dicari, salah satunya v-belt.

Dengan mengetahui komponen substitusinya, diharapkan dapat mengantisipasi saat kondisi darurat.

Menurut Muzat Raditya Putra, Owner bengkel spesialis motor Peugeot RMC Kukusan di Depok, Jawa Barat, v-belt Peugeot Django bisa menggunakan kepunyaan skutik merek Jepang yang banyak beredar di Indonesia.

"Karena barang orisinalnya susah, saya mencoba banyak v-belt punya motor lain, yang lumayan agak pas ukurannya pakai punya Yamaha Mio Sporty dan Honda Vario 110," kata Muzat kepada GridOto.com, Jumat (20/5/2022).

Meski begitu, ia menyarankan agar v-belt tersebut digunakan hanya dalam kondisi darurat saja, lantaran memiliki efek yang berpengaruh terhadap performa.

"Kalau pakai v-belt Mio Sporty atau Vario 110 efeknya jadi enggak bisa menyentuh top speed, paling mentok di 80 km/jam," terang Muzat.

Hal itu disebabkan karena ukuran v-belt Mio Sporty dan Vario 110 tidak sama 100 persen dengan bawaan orisinal milik Peugeot Django.

Baca Juga: Seken Keren - Peugeot Django, Opsi Menarik untuk Pencari Skutik Nyaman dan Modis, Berapa Harganya?

"Jadi memang agak selip di putaran atasnya, saya sarankan kalau benar-benar kepepet saja pakai v-belt motor lain misalnya kalau putus di jalan," sebutnya.

Muzat menambahkan, untuk saat ini bengkelnya memiliki stok v-belt Peugeot Django baik yang orisinal maupun kepunyaan motor lain. 

"Kalau punya Django yang ori itu sekitar Rp 400 sampai Rp 500 ribu, sedangkan Mio Sporty atau Vario 110 sekitar Rp 100 ribuan," pungkas Muzat.

Sebagai informasi, Peugeot Django pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2015 silam.

Skutik ini mengusung mesin 150 cc satu silinder injeksi berpendingin udara yang mampu menghasilkan tenaga 11,5 dk pada 8.000 rpm dan torsi 11,2 Nm pada 6.000 rpm.

Bicara harga, Peugeot Django seken saat ini bisa didapatkan dengan harga mulai Rp 30 jutaan, tergantung tahun dan kondisi motor.

 


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa