Seken Keren - Peugeot Django, Opsi Menarik untuk Pencari Skutik Nyaman dan Modis, Berapa Harganya?

Harun Rasyid - Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:43 WIB

Ilustrasi Peugeot Django (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Seken Keren minggu ini akan membahas skuter matik asal Prancis yakni Peugeot Django.

Meski tak sepopuler Vespa matic, Peugeot Django yang pertama kali meluncur di Tanah Air pada 2015 ini bisa jadi opsi menarik untuk sobat yang ingin tampil beda.

Dari tampilannya, desain Peugeot Django masih terbilang berkelas dengan konsep retro layaknya skuter era 50an semisal Lambretta.

Cuma bedanya, Django punya lekukan bodi membulat jika dilihat dari bagian depan sampai belakangnya.

Muzat Raditya Putra, Owner bengkel spesialis motor Peugeot RMC Kukusan di Depok mengatakan, Django yang mengusung mesin 150 cc dengan sistem pembakaran injeksi ini juga terbilang nyaman.

"Peugeot Django ini nyaman banget, karena bantingan suspensinya empuk. Jadi untuk dipakai harian maupun touring juga sangat mendukung," ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (20/5/2022).

Selain itu, Peugeot Django juga diakui Muzat memiliki mesin dan CVT yang tergolong bandel.

"Mesinnya ini enggak rewel, begitu juga dengan bagian CVT-nya yang enggak mudah gredek jika dirawat dengan baik. Selain itu komponen CVT milik Django juga terhitung kuat," ucapnya.

Menariknya lagi, kondisi Peugeot Django bekas kebanyakan masih terhitung baik.

Baca Juga: Kapasitas Bengkak Tenaga Melonjak, Segini Biaya Bore Up Mesin Peugeot Django di Bengkel Spesialis!

Sebab pemiliknya rata-rata menjadikan skuter matik (Skutik) premium ini sebagai motor hobi alias tidak dipakai untuk harian.

"Odometer kebanyakan masih rendah, saya pernah dapat yang odometernya masih ratusan kilometer. Peugeot Django bekas yang odometernya tinggi juga paling di 10 ribuan," jelas Muzat.

Dok. Otomotif
Ilustrasi Peugeot Django bekas


Bagi yang mau meminangnya, harga Peugeot Django bekas di pasaran saat ini masih terbilang tinggi bahkan cukup gelap di pasaran.

"Harga Peugeot Django bekas itu beragam tergantung kondisinya. Tadi saya cek ada yang Rp 35 juta hingga Rp 45 juta untuk model dengan rem ABS (Anti-lock Braking System," kata pria yang juga penghobi Django tersebut.

"Tapi kalau beruntung, pembeli bisa dapat harga Rp 28 jutaan. Cuma biasanya yang non-ABS harganya Rp 30 juta sampai Rp 40 jutaan," tambah Muzat.

Sayangnya populasi Peugeot Django di Tanah Air relatif sedikit, sehingga pembeli hanya punya sedikit pilihan unit bekas yang dijual di pasaran.

Berikutnya soal anjuran perawatan, penyakit, hingga harga spare part-nya akan dibahas dalam artikel Seken Keren Peugeot Django selanjutnya.