Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bengkel Ini Jual AC Elektrik untuk Mobil, Cara Kerjanya Beda dan Enggak Ganggu Performa Mesin

Harun Rasyid - Senin, 16 Mei 2022 | 16:05 WIB
Ilustrasi AC mobil
Dok. Auto2000
Ilustrasi AC mobil

GridOto.com - Bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro, kini punya produk baru yang diklaim bisa memberi hawa dingin di kabin tanpa mengurangi performa kendaraan.

Menurut Rully Mardiansyah, Kepala Cabang dari Rotary Bintaro Depok, produk tersebut disebut AC elektrik yang prinsip kerjanya mirip dengan AC rumah.

"AC elektrik ini berdiri sendiri, jadi kerjanya tidak pengaruh atau mengandalkan dari mesin mobil. Sebab AC elektrik ini menggunakan aki sendiri, jadi bukan pakai aki untuk mesin lagi," ujarnya kepada GridOto.com belum lama ini.

Rully menyebut, komponen AC elektrik dari Rotary Bintaro ini juga berbeda dari AC konvensional yang sistem kerjanya mengandalkan nyala mesin mobil.

"Dia pakai kompresor elektrik, jadi tidak pakai fan belt lagi. Makanya mobil yang pakai AC elektrik ini akan kami pasang kompresor elektrik tersebut," ucapnya.

Ilustrasi pemasangan AC elektrik di bengkel Rotary Bintaro
Youtube/Rotary Bintaro
Ilustrasi pemasangan AC elektrik di bengkel Rotary Bintaro


Rully mengungkapkan, komponen AC elektrik untuk mobil ini tidak berada di balik kap mesin melainkan akan dipasang di bagian bagasi.

"Karena pakai aki sendiri, komponen AC elektrik ini dipasang di bawah bagasi. Di situ kami akan kasih box untuk menaruh kompresor, kondensor dan evaporator-nya," sebutnya.

Dengan pemasangan AC elektrik dari Rotary Bintaro tersebut, performa mobil diklaim tidak terganggu oleh kinerja AC yang biasanya membutuhkan tenaga mesin.

"Selain kerjanya terpisah dari mesin, produk ini bisa untuk mobil apa saja, belum lama ini ada Jeep Cherokee yang pasang AC elektrik ini karena mobilnya sering dipakai off-road. Biayanya untuk Jeep Rp 35 jutaan," kata Rully.

Baca Juga: AC Mobil Kurang Dingin? Jangan Langsung Tambah Freon, Bengkel Spesialis Bilang Itu Percuma

Sementara biaya untuk mobil Jepang dibanderol mulai Rp 25 jutaan dengan waktu pengerjaan sekitar satu minggu.

Nah bagaimana sob, jadi tertarik pasang AC elektrik untuk mobil di bengkel tersebut?

Rotary Bintaro Depok

Jalan Siliwangi No.12B, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Telp: 081995009800

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa