Bisa Tidur Nyenyak, Honda Bocorkan Alasan Pelek dan Ban Skutik Lebih Kecil Ketimbang Bebek atau Sport

Harun Rasyid - Jumat, 13 Mei 2022 | 20:45 WIB
Ilustrasi pelek dan motor matik
Rizky Apryandi/Otomotifnet
Ilustrasi pelek dan motor matik

GridOto.com - Motor matik atau skutik yang kini banyak digunakan memiliki diameter pelek dan ban yang lebih kecil dibanding motor bebek maupun sport.

Diameter pelek skutik umumnya menggunakan ring 14 inci hingga 12 inci.

Sementara motor bebek hingga sport biasanya memiliki diameter pelek dan ban mulai dari 17 inci hingga 19 inci.

Dengan diameter pelek dan ban tersebut, skutik dinilai relatif ramah digunakan termasuk bagi perempuan.

Tapi tahukah kalian mengapa diameter pelek dan ban motor matik lebih kecil dibanding bebek atau sport?

Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, alasan motor matik memakai diameter pelek dan ban lebih kecil sebelumnya sudah dipikirkan oleh pabrikan.

"Setiap produk yang kami produksi termasuk motor matik, telah diawali dengan riset yang mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan konsumen baik dari sisi desain serta tren," ujarnya saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi pelek Honda Vario 150 LED.
Bukalapak
Ilustrasi pelek Honda Vario 150 LED.


Menurut pria yang akrab disapa Muhib ini, riset pada motor matik dengan diameter pelek dan ban 12 inci hingga 14 inci juga sudah disesuaikan dengan segmentasi produknya.

"Segmentasi dan riset produk ini tujuannya agar motor yang dipasarkan bisa maksimal menemani aktivitas harian konsumen," sebutnya.

Baca Juga: Ingin Pasang Pelek Honda Vario 150 di Yamaha Aerox? Segini Biayanya

Dari sisi teknis Muhib menyebut, pabrikan juga memiliki pertimbangan tertentu mengenai diameter pelek dan ban motor matik yang lebih kecil dibanding jenis lain.

"Dengan diameter pelek dan ban yang kecil, dapat meringankan kerja mesin dalam memutar roda, efeknya berdampak pada akselerasi dan kelincahan penggunaan motor matik saat bermanuver," jelasnya.

Ilustrasi manuver motor matik Honda Vario 160
Rizky/Otomotifnet
Ilustrasi manuver motor matik Honda Vario 160


Karena itu, hal tersebut sudah menjadi tujuan pembuatan motor matik yang dirancang untuk penggunaan di lalu lintas yang padat semisal di perkotaan.

"Penggunaan diameter pelek dan roda yang kecil ini sesuai dengan konsep motor matik yang ditujukan untuk mendukung kelincahan penggunaannya saat berkendara, terutama di jalan perkotaan," terang Muhib.

Nah sekarang sudah tahu kan, kenapa diameter pelek dan ban motor matik dibuat lebih kecil dibanding motor bebek atau sport.


Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa