Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masalah Kompresor AC Bunyi Berisik Sering Muncul di Suzuki Swift, Segini Biaya Perbaikannya di Bengkel Spesialis

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 10 Mei 2022 | 11:19 WIB
Ilustrasi Suzuki Swift
Dok Otomotif
Ilustrasi Suzuki Swift

GridOto.com - Suzuki Swift generasi pertama yang hadir di Indonesia selama 2005-2012, bisa menjadi opsi menarik buat sobat yang tengah mencari hatchback murah.

Sebab saat ini harga unit bekas Suzuki Swift generasi pertama sudah relatif terjangkau di bawah Rp 100 jutaan.

Menurut Jans Jusuf, pemilik showroom mobil bekas Agung Jaya Motor (AJM) di Jakarta Barat, Swift generasi pertama bisa dipinang mulai di bawah Rp 80 jutaan.

"Swift gen 1 cukup awet dan modis, sekarang harganya di bawah Rp 80 juta sampai Rp 100 jutaan," ujar Jusuf saat dihubungi GridOto.com belum lama ini.

Buat sobat yang berminat meminang Suzuki Swift generasi pertama ini, kompresor AC merupakan salah satu bagian yang harus mendapatkan perhatikan ekstra.

Menurut Wahri, Owner bengkel spesialis Suzuki Ari Motor, salah satu masalah yang sering ditemui di Swift generasi adalah kompresor AC yang terbilang lemah.

"kompresor AC dia (Swift generasi pertama) agak lemah, sering bunyi karena dia kan pakai yang model rotary. Efeknya ke mobil agak risih karena bunyinya cukup keras dan mengganggu," ujar Wahri saat ditemui GridOto.com di bengkelnya di bilangan BSD, Tangerang Selatan.

Jika kompresor AC dari Suzuki Swift sudah bunyi, ia mengatakan penanganannya adalah dengan cara mengganti oli kompresor tersebut.

"Kalau masalahnya belum parah biasanya vacum, diganti oli kompresornya, terus diganti freonnya itu masih bisa lagi. Biayanya murah sekitar Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribuan kurang lebih," ucapnya.

Baca Juga: Daftar Harga Komponen Fast Moving Suzuki Swift di Bengkel Spesialis, Mulai Rp 30 Ribuan

Bila sudah parah, pria yang akrab disapa Ari ini mengungkapkan mau tidak mau kompresor AC dari Suzuki Swift harus diganti.

"Kenapa harus diganti, karena model rotary itu kalau udah rusak enggak bisa diservis. Kalau ganti kompresor AC bisa Rp 4 juta sampai 5 jutaan," pungkasnya.

Ari Motor: Ruko BSD Autopart Blok K No.9 Serpong, Tangerang Selatan.

0856-9795-4735 (Ari)

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa