Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bisa Jadi Rutinitas Bulanan, Ini Pentingnya Mengecek Tekanan Angin Ban

Dia Saputra - Jumat, 6 Mei 2022 | 11:01 WIB
Ban menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan roda empat. Makanya, jangan sampai abai dengan kondisi ban kendaraanmu.
Grid.ID | Octavianus Hariawan Saputra
Ban menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan roda empat. Makanya, jangan sampai abai dengan kondisi ban kendaraanmu.

GridOto.com - Pengecekan tekanan angin ban pada motor maupun mobil terkadang jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan.

Bahkan tak jarang para pemilik kendaraan berpikir, selagi masih ada tekanan angin ban masih aman untuk digunakan.

Namun nyatanya hal tersebut malah berbahaya bagi pengendara bila pemilik tidak rutin melakukan pengecekan tekanan angin ban.

Tri Haryanto, selaku mekanik sekaligus pemilik bengkel Mekanik Otodidak menjelaskan bagaimana pentingnya mengecek tekanan angin ban.

"Pasalnya ban adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan jalanan dan ban juga yang menopang seluruh bobot kendaraan," jelas Tri Haryanto saat dijumpai GridOto.com di bengkelnya, di Sidorejo, Kecamatan Trucuk, Klaten, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar ban kendaraan selalu aman dan tidak berbahaya saat digunakan.

Mulai pemeriksaan tekanan angin ban, membersihkan ban, cek kondisi ban, dan tingkat keausan ban.

"Pemeriksaan tekanan angin ban sangat penting bagi kendaraan sebelum digunakan dalam aktifitas sehari-hari maupun bepergian jauh. Ban tidak boleh kekurangan tekanan angin atau kelebihan tekanan anginnya," jelas lelaki yang akrab disapa TH.

TH menjelaskan, pemeriksaan bisa dilakukan satu bulan sekali untuk memastikan tekanan angin pada ban, dan lebih baik jika dilakukan dua Minggu sekali.

Baca Juga: Teknologi Ban GT Radial Champiro Ecotec Bikin Perjalanan Mudik Jadi Aman dan Nyaman

Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa