Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Penghematan Apalagi Lupa Dipasang, Ternyata Ini Alasan Motor Trail Tidak Punya Standar Tengah

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 24 April 2022 | 12:16 WIB
Honda CRF150L warna baru
Aant/otomotifnet.com
Honda CRF150L warna baru

GridOto.com - Standar pada motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menopang keseluruhan beban kendaraan agar seimbang saat sedang diparkir.

Selain standar samping, sebagian besar motor yang dijual di Tanah Air seperti matik dan bebek dilengkapi dengan standar tengah.

Namun, buat yang suka dengan motor trail pasti penasaran kenapa tidak disematkan standar tengah oleh pabrikan, sebut saja seperti Honda CRF150L.

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), absennya standar tengah pada motor trail terkait dengan karakternya sebagai kendaraan off-road.

"CRF150L tidak ada standar tengah karena konsepnya off-road, untuk trabasan ada yang loncat dan melewati jalan tidak rata," ujar Endro kepada gridOto.com beberapa waktu lalu.

Endro melanjutkan, motor trail juga identik dengan ground clearance atau jarak dengan tanah yang cukup tinggi.

Sehingga dengan ground clearance yang tinggi ini, bila disematkan standar tengah justru akan merepotkan.

"Dikhawatirkan karena semua CRF ini tinggi, kalau diperlukan standar tengah otomatis standarnya harus panjang," jelas Endro.

Selain itu, alasan tidak disematkan standar tengah pada motor trail karena pertimbangan safety seperti saat berada jalur off-road.

Baca Juga: Waduh Bulan April Harga Motor Trail 150 Cc Naik hampir Rp 500 Ribuan, Ini Perbandingannya dengan harga Maret Lalu

"Begitu standarnya panjang digunakan untuk jalan yang tidak rata itu bisa mengayun dan bahaya bisa nyangkut jadi dihilangkan," pungkasnya.

Sobat GridOto.com pasti sekarang sudah tahu kan, jadi jangan protes lagi kalau motor trail tidak disematkan standar tengah.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa