Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Persiapan Mudik Lebaran 2022

Cuma Buat Motor, Kemenhub Gelar Mudik Gratis Dengan Kapal Laut, Ini Syaratnya

M. Adam Samudra - Senin, 18 April 2022 | 13:55 WIB
Pemudik sepeda motor akan memadati Pelabuhan Gilimanuk. Mereka hendak menyeberang ke Pulau Jawa.
Tribunnews
Pemudik sepeda motor akan memadati Pelabuhan Gilimanuk. Mereka hendak menyeberang ke Pulau Jawa.

GridOto.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali mengadakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen Sartoto mengatakan hal ini tidak hanya mengalihkan kepadatan jalan, juga membantu menurunkan angka kecelakaan sepeda motor pada masa mudik Lebaran.

Tak hanya itu, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini juga sebagai bentuk pengenalan kepada pemudik yang belum pernah menggunakan transportasi laut dan dapat menjadi alternatif moda transportasi perjalanannya.

“Setelah 2 (dua) tahun sebelumnya saat Pandemi Covid 19 terjadi di mana Indonesia saat itu meniadakan mudik, maka tahun ini mudik kembali diadakan. Namun diperlukan tanggung jawab dan partisipasi pemudik untuk mengikuti program vaksinasi yang disediakan oleh pemerintah agar dapat mengantisipasi penyebaran Virus Covid 19," kata Mugen, Senin (18/4/2022).

"Pada tahun ini diprediksi akan terjadi penambahan jumlah pemudik seperti tahun sebelum pandemi,” sambungnya 

Pendaftaran dan registrasi mudik Lebaran bagi pengguna motor ini dibuka tanggal 18 April 2022 dan ditutup tanggal 24 April 2022.

Pendaftaran melalui online yang dapat diakses melalui website : http://mudikgratis.dephub.go.id/.

“Sedangkan pendaftaran offline dan verifikasi data dapat dilakukan di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan kantor pusat Kementerian Perhubungan pada tanggal yang ditetapkan,” ungkap Capt Mugen.

Ada 2 (dua) armada kapal yang digunakan untuk mudik gratis ini, yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang keduanya dioperasikan PT. Pelni.

Baca Juga: Ngabuburide ke Solo Sekalian Cicipin Kulinernya, Berikut 3 Warung Soto Paling Legendaris, Ada Langganan Jokowi Juga

Kedua kapal tersebut merupakan kapal 3 in 1, kapal yang dapat mengangkut orang, barang dan kendaraan.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa