Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Efek Boleh Mudik, Penjualan Honda Meningkat Meski Harga Mobil Melambung

Wisnu Andebar - Senin, 18 April 2022 | 16:15 WIB
Booth Honda di IIMS 2022
Pradana/GridOto
Booth Honda di IIMS 2022

GridOto.com - Pemerintah resmi menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10 menjadi 11 persen sejak 1 April 2022.

Adapun perubahan tarif PPN tersebut secara otomatis berdampak langsung pada harga jual mobil baru sehingga mengalami kenaikan.

Ditambah berakhirnya insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 50 persen, untuk segmen non LCGC dengan rentang harga Rp 200-250 juta.

Begitu juga untuk model-model di segmen LCGC karena adanya perubahan insentif PPnBM, dari semula disubsidi 100 persen menjadi 66,66 persen.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), menanggapi dengan optimis bahwa penjualan mobil baru masih akan naik walaupun tanpa insentif PPnBM dan PPN naik.

"Sejauh ini tren pemesanan kendaraan kami di minggu pertama April 2022 masih meningkat sekitar 20 persen dibandingkan periode yang sama bulan lalu," kata Billy kepada GridOto.com belum lama ini.

Menurutnya, hal ini didukung oleh beberapa hal seperti pandemi Covid-19 yang mulai terkendali sehingga aktivitas masyarakat terus meningkat.

Termasuk diperbolehkannya masyarakat untuk mudik di masa libur Lebaran juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi penjualan mobil bulan ini.

"Produk-produk baru yang kami luncurkan juga sangat mendongkrak pemesanan kendaraan kami di bulan ini seperti All New BR-V dan All New HR-V," tuturnya.

Baca Juga: Varian dan Warna Ini Banyak Diburu Oleh Lima Ribu Lebih Pemesan All New Honda HR-V, Bakal Kembaran di Jalan Nih

Kendati demikian, Billy mengaku belum bisa memprediksi bagaimana pasar roda empat ke depan, dampak melambungnya harga mobil karena adanya kenaikan tarif PPN.

"Tentunya kami akan monitor terus ya," pungkas Billy.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa