Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gara-gara Timur Tengah dan Asia Tenggara, Ekspor Mobil Toyota ‘Made in Karawang’ Melonjak Tinggi di Kuartal Pertama 2022

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 15 April 2022 | 20:00 WIB
Seremonial ekspor Toyota Fortuner ke Australia
Istimewa
Seremonial ekspor Toyota Fortuner ke Australia

GridOto.com - Toyota catatkan kenaikan ekspor mobil CBU (completely built up) nyaris 50 persen dari tahun lalu, dan optimis bisa tembus 280 ribu unit akhir tahun nanti. 

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil mencatatkan peningkatan jumlah ekspor mobil produksi pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat pada tiga bulan pertama 2022.

Bahkan, Bob Azam selaku Direktur Corporate Affairs TMMIN mengatakan bahwa jumlah ekspor mereka kini sudah melebihi jumlah periode waktu yang sama sebelum pandemi.

"Kinerja ekspor kami di Januari, Februari, dan Maret ini sudah mencapai sekitar 72 ribu unit,” ujar Bob dalam acara virtual, Kamis (14/4/2022).

“Peningkatannya sebesar 48 persen naik dibanding tahun lalu, serta sudah melebihi pencapaian sebelum pandemi," tambahnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), total ekspor CBU model bermerek Toyota pada kuartal pertama 2021 adalah sebesar 48.426 unit.

Klaim TMMIN bahwa pencapaian kuartal pertama mereka tahun ini lebih besar ketimbang sebelum pandemi juga terbukti.

Dari data yang sama, jumlah ekspor Toyota pada kuartal pertama 2022 lebih besar 58 persen ketimbang kurun waktu yang sama pada 2019 yaitu sebesar 45.413 unit saja.

Bob mengatakan, pencapaian positif tersebut didukung oleh beberapa faktor seperti peningkatan permintaan di Timur Tengah dan Asia Tenggara.

Baca Juga: Efek Boleh Mudik Lagi, Duet Avanza dan Veloz Kokoh Jadi Model Terlaris Toyota Periode Maret 2022

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa