Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Minimalisir Kecelakaan, MTI Berharap Pemudik Hindari Bawa Motor, Rest Area Hingga Angkutan Gelap Perlu Diperhatikan

Harun Rasyid - Rabu, 30 Maret 2022 | 14:30 WIB
Ilustrasi arus mudik lebaran
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi arus mudik lebaran

GridOto.com - Terkait aturan mudik lebaran 2022, Pemerintah telah melonggarkan syarat bepergian dengan tidak diperlukannya swab test antigen hingga PCR bagi masyarakat yang sudah vaksin dosis tiga (booster).

Sementara bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin booster, tetap bisa pergi mudik lebaran asalkan menunjukan hasil negatif Covid-19 dari swab test antigen.

Namun menurut Djoko Setijowarno, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat mengatakan, faktor lainnya juga harus diperhatikan pemerintah dan petugas di lapangan saat periode mudik lebaran 2022.

Misalnya dalam ketersediaan rest area di jalan tol, yang dinilai tidak dapat menampung semua pemudik yang menggunakan jalan tol ketika arus mudik maupun balik.

"Oleh karena itu pengguna jalan tol dapat diarahkan untuk keluar jalan tol dan pemerintah daerah perlu menyediakan rest area sementara. Keberadaan rest area sementara ini juga akan membantu peningkatan ekonomi daerah," ujarnya dalam keterangan resminya, Senin (28/3/2022).

Djoko mengimbau, para pemudik yang menempuh perjalanan jauh sebaiknya tidak menggunakan motor demi faktor keselamatan.

Penyekatan Larangan Mudik Lebaran 2021
Vedhit/GridOto.com
Penyekatan Larangan Mudik Lebaran 2021


Selain itu ia menyarankan agar tidak ada lagi bentuk pencegatan di jalan dalam mudik lebaran 2022.

Alasannya karena tindakan tersebut dinilai tidak efektif dan bisa saja menjadi pemicu adanya oknum yang memanfaatkannya untuk penyediaan jasa angkutan gelap.

Maka dari itu, Pengamat transportasi tersebut juga bilang bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) harus membuat himbauan agar masyarakat menggunakan angkutan resmi dalam mudik lebaran 2022.

Baca Juga: Lebaran 2022 Masih Lama, Operator Bus SUdah Jual Tiket Mudik dan Laku Keras Lo

"Karena mulai sekarang sudah mulai banyak penawaran mudik Lebaran 2022 oleh penyelenggara angkutan resmi melalui media daring atau online," kata Djoko.

Lebih lanjut, angkutan mudik non-resmi semisal travel gelap perlu diawasi secara konsisten untuk kemudian dilakukan penindakan.

Ilustrasi Travel gelap
Kompas.com
Ilustrasi Travel gelap


Namun penindakan ini jangan sampai salah sasaran dan justru menyasar penyelenggara angkutan resmi semisal PO bus.

Djoko bersama MTI juga berharap, mudik lebaran 2022 dapat berjalan lancar dengan tidak adanya insiden atau kecelakaan yang tidak diinginkan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa