Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solar Jadi Barang Langka Sampai Sopir Truk Antre Berhari-Hari, Ini Kata Asosiasi

M. Adam Samudra - Rabu, 30 Maret 2022 | 12:18 WIB
Ilustrasi Solar Langka
Kompas.com
Ilustrasi Solar Langka

GridOto.com - Setelah dilanda kisruh soal kelangkaan minyak goreng di seluruh negeri, selanjutnya sejak beberapa hari belakangan masyarakat juga mulai mengalami kelangkaan BBM jenis Biosolar.

Berawal dari Sumatera kemudian Kalimantan dan Sulawesi, terakhir mulai merambat ke Jawa, terutama di bagian timur pulau Jawa.

Bahkan antrean panjang Biosolar sering mengakibatkan kemacetan di jalan serta keterlambatan aktivitas pengiriman barang.

Tersebarnya video adanya kelangkaan Biosolar dimana-mana membuat
BPH Migas berkelit, bahwa sebenarnya stok Biosolar saat ini cukup untuk 21 hari kedepan.

"Tapi jika kenyataan di lapangan ada kekurangan pasokan Biosolar, berarti kan ada sistem yang salah dalam pendistribusiannya," kata Bambang Widjanarko selaku Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng & DIY kepada GridOto.com, Rabu (30/3/2022).

"Nah kenapa pula selalu ada kesalahan dan pembelaan seperti ini terulang dari waktu ke waktu, seolah tidak ada upaya untuk memperbaikinya," ucapnya lagi.

Bambang juga mempertanyakan, apabila stok memenuhi, mengapa harus selalu terjadi kekisruhan dan ada pembatasan penjualan Biosolar.

"Keterangan BPH Migas bahwa stok Biosolar sebenarnya cukup untuk 21 hari kedepan sebenarnya sangat menyakitkan bagi orang yang sedang kesulitan mengantre hingga rela menginap berhari-hari, jika ada barangnya mengapa harus ditimbun dan tidak dijual," tanya Bambang.

Baca Juga: Operator Bus Menjerit, Kelangkaan Solar di Pulau Sumatera Bikin Jadwal Perjalanan Molor Sampai 8 Jam!

Sekadar informasi, armada truk sering mengalami kesulitan jika pembelian Biosolar dibatasi, karena jarak tempuh truk kebanyakan adalah Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) atau bahkan antar pulau.

Bahkan akibat kejadian ini, SPBU sebagai pelaksana penjualan terpaksa harus sering mendapatkan komplain dan caci maki dari para pembeli.

 

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa