Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tindak Lanjuti Rekomendasi KNKT, TransJakarta Buat Fasilitas Rehat Pengemudi

Hendra - Senin, 28 Februari 2022 | 22:55 WIB
Ilustrasi: Beban kerja tinggi, pengemudi disediakan fasilitas rehat
Adam
Ilustrasi: Beban kerja tinggi, pengemudi disediakan fasilitas rehat

GridOto.com- Kerapnya kecelakaan yang terjadi menimpa Bus TransJakarta menjadi perhatian semua pihak.

Salah satu usulan, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) adalah adanya fasilitas rehat bagi pengemudi. 

"Fasilitas rehat ini penting bagi pengemudi untuk mengurangi lelah akibat beban bekerja," ungkap Soerjanto Tjahjono, Ketua KNKT beberapa waktu lalu kepada GridOto.com. 

Menindaklanjuti rekomendasi KNKT, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meresmikan Fasilitas Rehat untuk Pramudi di Halte Transjakarta Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (24/2).

Penyediaan fasilitas ini sebagai bentuk konsistensi dalam upaya meningkatkan kualitas untuk memenuhi standar keselamatan, operasional dan pelayanan PT Transjakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta, M Yana Aditya mengatakan, fasilitas ini juga bagian dari tindak lanjut rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kepada PT Transjakarta.

Pihaknya diminta memperhatikan penyediaan tempat istirahat yang nyaman bagi pramudi.

Yana menjelaskan, tujuan disediakan fasilitas ini untuk memberi kenyamanan bagi semua pramudi di koridor-koridor Transjakarta.

Melalui fasilitas ini, para pramudi bisa beristirahat sejenak melepas lelah agar ketika ditugaskan kembali dalam kondisi yang segar.

Baca Juga: Ringsek! Transjakarta Tabrak Trotoar di Duren Sawit, Ini Penyebabnya

“Diharapkan saat tidak memegang kemudi, fasilitas ini benar-benar digunakan untuk rileks dan melepas lelah," katanya.

Fasilitas istirahat pramudi berkapasitas sekitar 10 orang ini juga dilengkapi dengan tempat duduk, meja, pendingin ruangan, loker, mini pantry, dispenser dan fasilitas lain seperti toilet yang sudah terlebih dahulu ada di area halte.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Chaidir menjelaskan, peresmian fasilitas ini merupakan kali pertama dilakukan.

Fasilitas yang sama juga akan dibangun di lokasi lain yang tersebar di Halte Transjakarta Blok M, Pulogadung, Kalideres, Pinang Ranti, Ancol, Tanjung Priok dan Puri Beta. 

Chaidir berharap, peresmian fasilitas ini dapat menjadi awal yang baik dalam perbaikan pelayanan di Transjakarta, khususnya perbaikan pada aspek keselamatan sesuai rekomendasi dari KNKT.

 

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa