Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hal Vital Dalam Modifikasi Campervan dan Motorhome, Salah Langkah Efeknya Bisa Bahaya

Harun Rasyid - Selasa, 1 Maret 2022 | 06:55 WIB
Nissan Evalia yang dimodifikasi campervan
toncil/Otomotifnet
Nissan Evalia yang dimodifikasi campervan

GridOto.com - Modifikasi mobil menjadi Campervan dan Motorhome cukup ramai digeluti terutama untuk yang hobi berlibur maupun camping dengan kendaraannya.

Modifikasi mobil menjadi Campervan dan Motorhome, umumnya akan mengubah bagian kabin di baris belakang pengemudi untuk dipasangi sejumlah perlengkapan semisal tempat tidur, meja, dapur dan lainnya.

Menariknya, Muhamad Slamet, Ketua Camper Van Indonesia mengatakan, modifikasi Campervan dan Motorhome tidak terbatas pada jenis mobil tertentu saja.

"Umumnya memang memakai van atau mobil dengan dimensi yang besar. Tapi mobil kecil seperti City Car juga bisa, cuma tingkat modifikasi kabinnya paling seperlunya saja," ujarnya kepada GridOto.com.

Tapi yang perlu diingat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memodifikasi mobil menjadi Campervan atau Motorhome.

"Yang harus diperhatikan dalam modifikasi ini yaitu distribusi beban. Karena penambahan perlengkapan di kabin itu akan menambah beban kendaraan," ucap Slamet.

Artinya jangan sampai mobil yang sudah selesai digarap ini memiliki berat yang tidak seimbang seperti terlalu ke kiri atau kanan karena dapat membahayakan.

Lebih lanjut, sisi fungsional juga perlu diperhatikan dalam modifikasi mobil menjadi Campervan atau Motorhome.

Contohnya jangan sampai menaruh atau memasang perlengkapan yang tidak perlu.

Baca Juga: Bisa Buat Inspirasi, Berikut 6 Mobil Camper Van Indonesia di GIIAS 2021, Dari Daihatsu Gran Max hingga Mercy ML320

 Karena itu penambahan hingga pemasangan perlengkapan tambahan di kabin ini, perlu dipertimbangkan matang-matang dalam memodif Campervan atau Motorhome.

Jika pemilik mobil kesulitan, bisa meminta masukan dari komunitas Campervan maupun Motorhome atau mencari informasi dari berbagai literatur.

Tujuannya agar hasil modifnya baik dan sesuai dengan dimensi kendaraan.

Tapi selain mengejar kenyamanan, modifikasi mobil menjadi Campervan atau Motorhome juga perlu untuk mempertimbangkan masalah keselamatan.

Misalnya penentuan posisi penumpang yang paling aman saat mobil berjalan adalah posisi duduk.

Jadi jika kabin mobil ingin memakai kasur, usahakan kursinya dibuat agar bisa dilipat menjadi kasur.

Tujuannya agar penumpang bisa tetap aman di perjalanan dan nyaman ketika mobil berhenti untuk istirahat.

Campervan Mercedes-Benz Sprinter A2 Lombardi dan Toyota HiAce Premio campervan Delima Jaya
Ivan Casagrande Momot
Campervan Mercedes-Benz Sprinter A2 Lombardi dan Toyota HiAce Premio campervan Delima Jaya


Soal pengerjaan Campervan atau Motorhome, hal ini bisa bervariasi tergantung dari kemampuan masing-masing pemilik mobil.

Pertimbangannya yaitu, jika modif Campervan atau motorhome di karoseri hasilnya akan bagus, presisi, namun dapat menghabiskan budget yang relatif tinggi.

Sementara jika modifnya dilakukan sendiri, kemungkinan akan kurang pas dan proper.

Nah sebagai alternatifnya, pemilik mobil bisa mendesain konsep Campervan atau Motorhome impiannya, lalu untuk urusan modifnya dilakukan di bengkel yang pengalaman atau sudah terpercaya.

Baca Juga: Pikap Daihatsu Hi-Max Jadi Motorhome, Mungil Tapi Asyik Buat Liburan

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa