Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berantas ODOL, Kemenhub dan Korlantas Polri Gelar Razia Truk di Tiga Lokasi Ini

Naufal Shafly - Selasa, 15 Februari 2022 | 20:50 WIB
Ilustrasi. Truk ODOL terjaring razia di Kabupaten Sukabumi
Ntmcpolri.info
Ilustrasi. Truk ODOL terjaring razia di Kabupaten Sukabumi

GridOto.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat, bekerja sama dengan Korlantas Polri dalam menggelar operasi Over Dimension and Over Loading (ODOL).

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, hal ini dilakukan untuk meningkatkan tertib lalu lintas dan menekan angka kecelakaan yang disebabkan oleh operasional kendaraan truk.

Budi menjelaskan, operasi truk ODOL ini akan dilaksanakan di beberapa tempat yakni Ruas Tol Jakarta-Merak, Gerbang Tol Karang Tengah Tangerang, dan Exit Gerbang Tol Cikarang Utama KM 30, pada Kamis (10/2) hingga Senin (21/2).

"Truk yang terbukti melebihi kapasitas muatan akan diminta untuk memindahkan muatan ke kendaraan lain," ucap Budi dalam keteragan resmi, Senin (14/2/2022).

Ia juga mengatakan, biaya pemindahan muatan tersebut tidak ditanggung oleh pemerintah alias menjadi tanggung jawab masing-masing pemilik.

"Jika muatan belum dipindahkan, mobil tidak akan diizinkan melanjutkan perjalanan," kata Budi.

"Dari aspek law enforcement, kendaraan yang terjaring operasi akan dikenakan penerapan Pasal 277 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," lanjutnya.

Sebagai informasi, Kemenhub telah bersinergi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk mewujudkan komitmen Indonesia Zero ODOL pada 2023.

Komitmen itu telah disepakati dan telah disosialisasikan berulangkali, baik kepada para pengusaha, pemilik kendaraan angkutan barang, serta masyarakat pengguna angkutan barang.

Baca Juga: Truk ODOL Bikin Bangkrut Negara, Korlantas Polri Gelar Razia Besar-Besaran Selama 14 Hari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa