Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertahankan Pangsa Pasar di Tengah Krisis Chip Semikonduktor, Honda Mobil Pakai Strategi Prioritas Produksi

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Selasa, 15 Februari 2022 | 15:45 WIB
Ilustrasi. Honda Brio RS Urbanite Edition
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi. Honda Brio RS Urbanite Edition

GridOto.com - Di tengah krisis pasokan chip semikonduktor, PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan beberapa strategi untuk mempertahankan pangsa pasarnya di awal 2022 ini.

Public Relations and Digital Manager HPM, Yulian Karfili, mengatakan salah satu caranya adalah dengan melakukan prioritas produksi untuk model dengan permintaan tinggi.

"Sudah banyak antisipasi yang kami jalankan, kami melakukan prioritas produksi untuk model-model yang demand (permintaannya) tinggi sehingga konsumen bisa mendapatkan produk lebih cepat," ujar pria yang akrab disapa Arfi ini lewat acara virtual, Selasa (15/2/2022).

"Hal ini dilakukan untuk mempertahankan demand and supply supaya seimbang," katanya.

Selain itu, Arfi juga menjelaskan kalau pihaknya berusaha mempertahankan supply chip dengan menambah opsi pasokan dari produsen lain.

"Dulu ada wacana untuk bagaimana supaya kita tidak bergantung pada importasi. Ini juga salah satu hal yang kita pelajari. Pada akhirnya, manajemen produksi itu salah satu yang paling penting," sebutnya.

Meski penjualan 2021 lalu sempat turun karena masalah pasokan chip, Honda tetap memiliki target untuk mempertahankan pangsa pasar setidaknya di angka 14 persen pada 2022 seperti sebelum pandemi Covid-19.

Arfi pun berharap masalah chip semikonduktor tersebut dapat membaik pada 2022 ini, supaya perusahaan dapat kembali meningkatkan pangsa pasar.

Baca Juga: Masih Tunggu Kejelasan Insentif PPnBM Terbaru, Honda Terpantau Masih Tahan Harga Brio Satya Hingga Awal Februari 2022

Selain itu, wacana relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) tahun ini juga diharapkan segera terealisasi.

"Februari ini juga mudah-mudahan kepastian regulasi PPnBM sudah clear, dan mudah-mudahan kita bisa lebih banyak melakukan produksi," tuturnya.

Arfi pun berharap gelombang tiga pandemi Covid-19 ini segera berakhir, agar pameran kembali berjalan dan kembali banyak peluncuran mobil baru.

"Januari 2022 ini penjualan Honda sedikit turun tapi masih sesuai proyeksi, pada Februari dan Maret ini kami optimis bahwa market sudah akan meningkat lagi," tandas Arfi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa