Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dukung Sopir Tertib Lalu Lintas, Hino Bangun Fasilitas Pelatihan untuk Sopir Truk

Wisnu Andebar - Kamis, 27 Januari 2022 | 17:16 WIB
Hino Total Support Customer Center (HTSCC) diresmikan pada hari ini, Kamis (27/1/2022)
HMSI
Hino Total Support Customer Center (HTSCC) diresmikan pada hari ini, Kamis (27/1/2022)

GridOto.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meresmikan Hino Total Support Customer Center (HTSCC) pada hari ini, Kamis (27/1/2022).

HTSCC merupakan fasilitas pusat pelatihan berkendara yang dibangun oleh Hino, berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Jawa Barat.

HTSCC memiliki beragam fasilitas basic driving course, mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan safety brake.

Selain itu, juga terdapat driving simulator dan kelas bagi pengemudi yang mengacu kepada standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI,  mengatakan HTSCC dibangun sebagai pusat pelatihan untuk membantu kelancaran transportasi yang aman dan ekonomis melalui pengemudi yang andal dan tertib berlalu lintas.

Hino Total Support Customer Center (HTSCC) dibangun di Purwakarta
HMSI
Hino Total Support Customer Center (HTSCC) dibangun di Purwakarta

"Fasilitas ini dapat digunakan customer setia Hino untuk terus meningkatkan keterampilan berkendara para pengemudinya," kata Uchida dalam keterangan resminya, Kamis (27/1/2022).

Menariknya, tempat pelatihan yang dibangun di atas lahan seluas 24.000 meter persegi ini memiliki sirkuit sendiri, sehingga pelatihan berkendara truk dan bus berjalan aman.

Pengemudi dapat mengasah teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik, mengemudi yang ekonomis, pemeriksaan harian, dan teknik blind spot.

Setiap pelatihan akan dipandu juga oleh video learning yang diberikan oleh Hino Motors Limited Japan.

Baca Juga: Kendaraan Diesel Wajib Euro 4 Mulai 2022, Hino Pastikan Produknya Siap

Selain praktik langsung, diberikan juga pelatihan secara teori seperti update informasi teknologi kendaraan Hino, karakteristik kendaraan dan manusia, serta basic english conversation.

Tidak hanya dalam bentuk bangunan, fasilitas pelatihan juga dibekali dengan para instruktur yang andal, terlatih dan tersertifikasi.

Pasalnya saat ini HMSI memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) berlisensi BNSP.

LSP-LPK HMSI memiliki tujuan untuk menjadi lembaga sertifikasi yang mengedepankan mutu dalam penyelenggaraan sertifikasi dan diakui secara nasional maupun internasional.

Santiko Wardoyo, COO - Director HMSI menambahkan, bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia yang lebih kompeten, melalui sertifikasi profesi bidang tranportasi barang dan orang.

"Kami ingin melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara dari fasilitas ini, menyempurnakan apa yang sudah kami lakukan di bidang safety driving sejauh ini bersama pemerintah sehingga keselamatan berkendara menjadi sebuah budaya bangsa," pungkas Santiko.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa