Oli Sokbreker Depan Motor Jangan Diisi Lebih atau Kurang, Ini Efeknya

Muhammad Farhan - Kamis, 27 Januari 2022 | 19:10 WIB
Ilustrasi ganti oli sokbreker depan motor
Dok. Gridoto
Ilustrasi ganti oli sokbreker depan motor

GridOto.comOli sokbreker depan motor jangan diisi kelebihan atau kurang dari kapasitas yang disarankan, ini efek sampingnya.

Setiap tipe motor tentu sudah punya ukuran kapasitas oli sokbreker depan yang dibutuhkan, tentu sesuai dengan hasil riset pabrikan.

Menurut salah satu bengkel spesialis sokbreker, mengisi oli sok diluar ketentuan bakal mempengaruhi performa atau keawetan komponen tersebut.

“Sebab banyak yang mengisi oli sokbreker lebih banyak dari anjuran. Biasanya karena ingin rebound sok terasa lebih lambat atau bikin bantingan sok lebih keras,” ungkap Romandono, pemilik bengkel Joko Shock Jaya, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Sokbreker Depan Motor Matic Jeduk Saat Lewat Polisi Tidur? Ini Penyebabnya

Hal tersebut biasanya dilakukan buat yang ingin motor terasa lebih stabil saat berkendara dan bermanuver di kecepatan tinggi.

Selain itu, ada juga yang mungkin merasa sokbreker bawaan kurang nyaman atau terlalu keras sehingga oli sok dikurangi biar bantingan sok lebih empuk.

Ganti oli sokbreker depan jangan nunggu bocor
DOK. MOTOR PLUS
Ganti oli sokbreker depan jangan nunggu bocor

“Baik tambah atau kurang oli sok bisa pengaruh ke umur komponen. Contohnya sil sokbreaker yang bisa cepat rusak sehingga sok jadi rawan bocor,” jelasnya.

Karena diisi oli sok melebihi kapasitasnya, sil sok jadi bekerja lebih keras meredam guncangan saat bekerja, makanya usia pakainya bisa lebih pendek.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa