Daya Beli Masyarakat Diprediksi Membaik, AISI Targetkan Penjualan Motor Domestik Tembus 5,4 Juta Unit Tahun Ini

Naufal Shafly - Minggu, 16 Januari 2022 | 20:40 WIB
Ilustrasi penjualan motor Baru Yamaha
Rudy Hansend/ GridOto.com
Ilustrasi penjualan motor Baru Yamaha

GridOto.com - Angka penjualan motor di Indonesia mengalami pertumbuhan pada 2021 lalu jika dibandingkan perolehan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor domestik selama Januari Hingga Desember 2021 menyentuh angka 5.057.516 unit.

Angka itu naik 38 persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2020 lalu, yang hanya terjual sebanyak 3.660.616 unit.

Menurut Ketua Bidang Komersil AISI, Sigit Kumala, pencapaian positif ini semakin mendorong optimisme industri otomotif roda dua untuk memacu kinerja penjualan tahun ini.

Oleh sebab itu, pada 2022 ini AISI memasang target penjualan domestik lebih dari 5,1 juta unit.

"AISI menargetkan pasar sepeda motor tahun 2022 akan lebih baik dari tahun lalu, yaitu sebanyak 5,1 juta unit hingga 5,4 juta unit," ucap Sigit dalam keterangan resminya, Jumat (14/1/2022).

Terkait market domestik, Sigit juga menambahkan pencapaian positif tahun lalu mencerminkan mulai membaiknya daya beli masyarakat yang berdampak positif ke pasar roda dua.

Selain itu, cakupan vaksinasi yang semakin meluas dan juga pertumbuhan kasus Covid-19 yang terkendali, mampu mendorong kepercayaan untuk beraktivitas menggerakkan ekonomi.

“Kami berharap tidak ada gelombang baru Covid-19 dan efek pandemi ini bisa dikelola dengan baik oleh para stakeholder," kata Sigit.

"Harga komoditi membaik, tidak ada bencana alam dan para petani mendapatkan berkah dari panen. Tren positif industri sepeda motor ini pasti akan menghasilkan dampak positif yang bergulir ke industri pendukungnya, baik di hulu maupun hilir," lanjut Sigit.

Baca Juga: AISI Prediksi Ekspor Motor Buatan Indonesia Naik 20 Persen Tahun Ini, Capai 970 Ribu Unit


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa