Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Roof Box Ditilang

Ramai Isu Pasang Roof Box Pada Mobil Bisa Ditilang, Bakal Pengaruhi Bisnis Rental Roof Box?

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 11 Januari 2022 | 13:39 WIB
Sewa roof box di @Sewaroofbox_Jabodetabek
@Sewaroofbox_Jabodetabek
Sewa roof box di @Sewaroofbox_Jabodetabek

GridOto.com - Belakangan ini ramai diperbincangan di media sosial mengenai isu penggunaan roof box pada mobil bisa dikenakan sanksi tilang.

Hal tersebut bermula saat pengamat transportasi Indonesia, Budiyanto mengungkapkan, penggunaan roof box pada mobil merupakan tindakan pelanggaran lalu lintas.

"Roof box yang dipasang di kendaraan atau mobil merupakan pelanggaran lalu lintas yang bisa dikenai sanksi tilang," ucap Budiyanto dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Budiyanto menilai, pemilik melanggar persyaratan teknis dan laik jalan apabila menambahkan roof box di atap mobilnya, sebagaimana diatur dalam ketentuan Pidana Pasal 285 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009.

Terkait hal ini, Oki Benafao Warae, owner rental Sewa Roofbox Jabodetabek menyebut bahwa adanya isu tersebut akan berdampak pada bisnisnya.

"Perkiraan kami akan ada dampak. Tapi semoga dengan berita dan penjelasan dari pihak berwajib, pemahaman masyarakat menjadi lebih baik," ujar Oki kepada GridOto.com, Selasa (11/01/2022).

Oki menilai, penggunaan roof box sebenarnya cukup aman karena setiap produsen roof box dan cross bar sudah memperhitungkan standar keamanannya.

"Selama tidak melebihi kapasitas, berat maksimal, ukuran, dan kecepatan kendaraan, penggunaan roof box aman," jelas Oki.

Untuk itu, Oki menjelaskan sebelum konsumen menyewa roof box ditempatnya biasanya diberikan pengarahan, dengan harapan penyewa sadar dengan keselamatan.  

Baca Juga: Isu Larangan Pasang Roof Box Bisa Pengaruhi Bisnis Tersebut di Indonesia

Sewa roof box di @Sewaroofbox_Jabodetabek
@Sewaroofbox_Jabodetabek
Sewa roof box di @Sewaroofbox_Jabodetabek
"Di kami sendiri untuk semua customer selalu kami briefing tentang SOP selama menggunakan roof box. Saat menggunakan roof box maksimal berat barang di dalam adalah 60 kg," ungkap Oki.

"Volume barang tidak boleh melebihi volume dimensi roof box, kecepatan maksimal 100 km/jam dan jangan gunakan gardu tol untuk mobil pribadi, gunakanlah gardu tol khusus truk dan bus," sambungnya.

Selain itu, ia menyarankan maksimal 3 jam sekali pengemudi meluangkan waktu untuk memeriksa kekencangan cross bar dan roof box.

 

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa