Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Segini ‘Batas Aman’ Menambah Tenaga Motor Ala Mekanik Balap Tersohor, Agar Tetap Nyaman Buat Harian

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 10 Januari 2022 | 20:05 WIB
Jangan tinggi-tinggi, segini ‘batas aman’ menambah tenaga motor ala mekanik balap tersohor agar tetap nyaman dibawa harian.
Pradana/GridOto.com
Jangan tinggi-tinggi, segini ‘batas aman’ menambah tenaga motor ala mekanik balap tersohor agar tetap nyaman dibawa harian.

GridOto.com - Meningkatkan tenaga menjadi salah satu alasan banyak orang memodifikasi mesin motor mereka, baik itu dengan cara bore up, stroke up dan lain-lain.

Tapi tidak dapat dipungkiri, meningkatkan tenaga motor terlalu banyak juga bisa menimbulkan masalah.

Seperti konsumsi BBM yang menjadi lebih boros, suhu mesin yang semakin cepat panas, bahkan kruk as patah atau v-belt putus pada motor matik jika tambahan tenaganya terbilang ekstrem.

Lantas, berapa batas penambahan tenaga yang kira-kira masih aman untuk mesin, terutama jika masih ingin dipakai harian?

“Kalau mencari ‘cukup’ atau tidak sih sulit menentukannya karena tergantung peruntukkan dan kepuasan masing-masing pemilik motor,” ujar Suhartanto alias Kupret, mekanik balap kenamaan kepada GridOto.com, Minggu (9/1/2022).

“Tapi Kalau secara mekanis, untuk ukuran motor 150 cc setengah bahkan seperempat dari total tenaga mesin standarnya itu sudah lebih dari cukup,” tambah Owner bengkel PRIDE Racing Development ini.

Alasannya, lonjakan tenaga masih bisa dirasakan oleh sang pemilik tapi beban tambahan yang disebabkan oleh lonjakan tenaga tersebut tidak terlalu tinggi.

Terutama jika ubahan yang dilakukan tidak menyentuh kompresi mesin alias dibiarkan standar.

Pasalnya, kompresi yang terlalu tinggi adalah salah satu penyebab utama kerusakan mesin motor yang tenaganya sudah dinaikkan.

Baca Juga: Ini Tiga Komponen yang Rawan Rusak Saat Motor Melakukan Bore Up

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa