Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Stok Terbatas, Toyota Raize Hingga All New Avanza VIN 2021 Masih Dapat Insentif PPnBM 100 Persen

Wisnu Andebar - Jumat, 7 Januari 2022 | 18:05 WIB
Toyota All New Avanza VIN 2021 masih dapat diskon PPnBM
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Toyota All New Avanza VIN 2021 masih dapat diskon PPnBM

GridOto.com - Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) telah berakhir, dan membuat sejumlah harga mobil baru mengalami kenaikan di Januari 2022.

Kendati demikian, sobat masih bisa menikmati harga insentif PPnBM DTP, khususnya untuk mobil dengan Vehicle Identification Number (VIN) 2021.

Menurut Samuel Manurung, Sales Executive dealer Auto2000 Bekasi Timur, stok VIN 2021 masih tersedia beberapa unit dengan harga diskon PPnBM meski dibeli pada 2022.

"Unit 2021 yang masih ada di dealet kami antara lain Toyota Raize, Fortuner VRZ, Vios, Kijang Innova, dan All New Avanza," kata Samuel kepada GridOto.com, Jumat (7/1/2022).

Samuel melanjutkan, stok masing-masing model tersebut terbatas dan hanya tersisa beberapa unit lagi saja.

Adapun untuk unit dengan VIN 2022 harga sudah berubah menjadi normal tanpa diskon PPnBM, mengikuti Peraturan Pemerintah nomor 73 tahun 2019, yang kemudian direvisi di PP nomor 74 tahun 2021.

Melalui peraturan yang berlaku mulai 16 Oktober 2021 tersebut, perhitungan pajak kendaraan bermotor kini menggunakan skema karbon atau emisi gas buang dari yang sebelumnya berdasarkan roda penggerak, mesin, dan bentuk bodi.

Tarifnya pun beragam mulai dari pengenaan PPnBM 15 persen hingga 70 persen.

Pada intinya semakin kecil emisi gas buang dari suatu kendaraan, maka akan semakin kecil juga pajak yang dikenakan untuk kendaraan tersebut.

Baca Juga: LCGC Kena Pajak PPnBM 3 Persen, Toyota dan Honda Kompak Tahan Harga

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa