Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Ertiga Baru Berkarat

Mobil Baru Sudah Berkarat Bisa Akibat Faktor Lingkungan, Segini Estimasi Perbaikannya di Bengkel Body Repair Resmi Suzuki

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 31 Desember 2021 | 20:50 WIB
Beberapa titik bodi All New Ertiga Rifky yang terserang karat
Isitimewa/Rifky
Beberapa titik bodi All New Ertiga Rifky yang terserang karat

GridOto.com - Sebagai benda yang terbuat dari metal, munculnya karat pada mobil bukanlah sesuatu yang aneh apalagi jika mobil tersebut sudah cukup berumur.

Tapi, hal tersebut bukan berarti mobil yang masih terbilang baru juga tidak bisa terkena karat.

Seperti dialami oleh seorang pemilik Suzuki Ertiga bernama Rifky asal Sidoarjo, Jawa Timur, yang mengeluhkan bodi Suzuki Ertiga miliknya yang berkarat dan keropos di beberapa titik.

“Padahal ini mobil baru, saya beli di dealer resmi pada Oktober 2020 lalu," keluh Rifky saat dihubungi oleh Otomotifnet beberapa waktu lalu.

Ada beberapa faktor internal yang bisa menyebabkan terjadinya karat pada mobil baru seperti cacat produksi pada proses anti karat, atau adanya air yang terperangkap di dalam panel.

Namun, Puji Suprapto selaku Service Advisor Body Repair Suzuki Pulogadung mengaku sulit untuk menerka penyebab pasti dari kejadian tersebut tanpa melihat langsung mobil yang bersangkutan.

Suzuki Ertiga berkarat di sejumlah titik
Dokumentasi pribadi Rifky
Suzuki Ertiga berkarat di sejumlah titik

“Karena mayoritas mobil baru sekarang sudah punya proteksi karat dari pabrik, termasuk Suzuki yang tiap panel mobilnya direndam dulu di cairan tahan karat agar tidak ada area yang luput,” ujar Puji kepada GridOto.com, Kamis (30/12/2021).

“Pun halnya kalau ada air yang terperangkap, di Ertiga sendiri ada jalur untuk pembuangan air di tiap panelnya,” lanjutnya.

Baca Juga: Respons Suzuki Soal Keluhan Salah Satu Pengguna All New Ertiga, Bodi Berkarat Padahal Baru Dipakai Satu Tahun Lebih

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa