Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sering Macet Saat Tahun Baru, Ini Evolusi Kawasan Puncak Bogor Sejak 3 Abad Lalu, Punya Sejarah Kelam Sob

Harun Rasyid - Kamis, 30 Desember 2021 | 18:10 WIB
Ilustrasi kawasan Puncak, Bogor saat libur Tahun Baru 2022.
Tribunnewsbogor.com/Naufal Fauzy
Ilustrasi kawasan Puncak, Bogor saat libur Tahun Baru 2022.

GridOto.com - Saat akhir pekan hingga libur tahun baru, kawasan Puncak Bogor di Jawa Barat menjadi salah satu lokasi wisata yang ramai dikunjungi.

Selain banyak memiliki destinasi wisata, kawasan Puncak Bogor juga dikenal dengan udaranya yang sejuk serta alam yang cukup asri.

Tapi tahukah kalian jika Kawasan Puncak Bogor memiliki sejarah panjang yang kelam sekaligus menarik?

Menurut JJ Rizal, Sejarawan Jakarta, penemuan Kawasan Puncak Bogor bermula dari wabah penyakit mengerikan di sebuah wilayah yang kini dikenal sebagai Jakarta.

"Bermula dari tiga abad lalu di tahun 1733, Kota Benteng yang dulu bernama Batavia mengalami wabah aneh berupa demam lalu mati mendadak yang kini dikenal dengan nama Malaria," ujarnya saat konferensi pers virtual Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) beberapa waktu lalu.

Rizal mengatakan, wabah Malaria membuat kaum elit pergi keluar Batavia ke wilayah selatan untuk mendirikan tempat peristirahatan yang berupa resort.

"Dengan kondisi wabah mengerikan ini, orang-orang elit Batavia bergeser ke wilayah Selatan meninggalkan Kota Benteng Batavia pada tahun 1740 sampai 1745. Hal ini digagas oleh Gubernur Baron Van Imhoff," ucapnya.

Karena Malaria waktu itu belum diketahui penyembuhannya, Van Imhoff memutuskan membuka ruang pengobatan alternatif hingga ke wilayah Bogor.

Baca Juga: Catat Tanggalnya Jangan Sampai Terjebak Macet, Ini Prediksi Puncak Arus Balik Natal-Tahun Baru 2022

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa