Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Sampai Nyesal Pas Mogok, Ini Perlengkapan yang Wajib Ada di Mobil Saat Perjalanan Libur Nataru

Harun Rasyid - Sabtu, 25 Desember 2021 | 19:40 WIB
Ilustrasi perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ke luar kota
Aries Aditya Putra
Ilustrasi perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ke luar kota

GridOto.com - Mengunjungi tempat wisata atau pulang ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, jadi salah satu cara untuk menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Karena itu, kondisi mobil kesayangan sebaiknya dipersiapkan sebelum menempuh perjalanan libur Nataru bersama keluarga atau kerabat.

Menurut Sony Susmana, Training Director di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), sejumlah perlengkapan yang wajib dibawa saat perjalanan juga tak boleh luput oleh si pemilik mobil.

"Tapi barang yang harus dibawa pengemudi saat liburan ini jangan sampai terlalu memenuhi kabin," ujarnya saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Perlengkapan yang perlu dibawa di mobil pribadi saat perjalanan liburan yakni, peralatan yang bisa digunakan saat kendaraan dalam keadaan darurat.

"Kunci-kunci standar yang sudah didapat saat membeli mobil dan dongkrak sudah pasti perlu dibawa. Kalau mau ditambahkan jangan sampai bawa peralatan yang tidak sesuai karena nantinya hanya akan memenuhi bagasi saja," kata Sony.

Ilustrasi perhatikan barang bawaan di mobil saat liburan
Dok. Otomotif
Ilustrasi perhatikan barang bawaan di mobil saat liburan


Selain membawa kunci-kunci secara lengkap, ada hal lain yang juga wajib dimiliki sebagai antisipasi mobil bermasalah di jalan.

"Karena perjalanan liburan ini sifatnya tidak ekstrem seperti camping, off-road dan lainnya, lebih baik menyimpan nomor telpon bengkel resmi, kantor polisi dan pengelola jalan tol jika kendaraan bermasalah saat melalui jalan tol," ucap Sony.

Baca Juga: Lebih dari 1,2 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Lewat Jalan Tol Hingga H-1 Libur Nataru

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa