Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penjelasan Soal Asuransi Kendaraan Total Loss Only atau TLO, Apa Saja Kerugian yang Bisa Diklaim?

Naufal Shafly - Senin, 27 Desember 2021 | 19:52 WIB
Ilustrasi proses klaim perbaikan mobil di Asuransi Astra Garda Oto
Antonio Beniah Hotbonar/GridOto.com
Ilustrasi proses klaim perbaikan mobil di Asuransi Astra Garda Oto

GridOto.com - Saat membeli mobil atau motor baru secara kredit, sobat pasti akan mendapatkan asuransi kendaraan berjenis Total Loss Only atau TLO.

Tapi sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan asuransi TLO? Buat yang belum mengerti, simak artikel ini sampai habis ya.

Secara umum TLO adalah salah satu jenis asuransi yang mana konsumen akan mendapat pertanggungan jika kendaraan hilang akibat dicuri, atau kendaraan mengalami kerusakaan dengan nilai perbaikan lebih dari 75 persen.

"Jadi bukan kerusakan kendaraannya yang mencapai 75 persen, tapi biaya perbaikan untuk mengembalikan kondisi seperti semula mencapai 75 persen atau lebih dari harga pertanggungan," ucap Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Jika kendaraan hilang akibat dicuri atau mengalami kerusakan yang biaya perbaikannya mencapai 75 persen dari harga pertanggungan, maka konsumen berhak mendapatkan 100 persen penggantian.

Namun perlu dicatat, penggantian yang diberikan asuransi bukan unit kendaraan baru melainkan berupa dana atau uang.

"Diberikan penggantian dalam bentuk dana ya. Sebab kalau diganti mobil repot dong asuransinya, nanti harus nyari mobil yang sesuai dengan milik konsumen," ucap pria yang akrab disapa Iwan ini.

"Misal mobil konsumen yang hilang warna pink dan ada stiker hello kitty-nya, masa harus dicarikan seperti itu? Repot kan," lanjutnya.

Baca Juga: Waspada Banyak Pohon Tumbang. Kalau Kendaraan Tertimpa, Apakah Bisa Dicover Asuransi?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa