Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Oli Palsu

YLKI Soroti Soal Maraknya Oli Palsu, Ini Saran Untuk Konsumen

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 16 Desember 2021 | 22:05 WIB
Puluhan ribu botol yang diduga berisi oli palsu diamankan polisi
Banjarmasinpost.co.id
Puluhan ribu botol yang diduga berisi oli palsu diamankan polisi

GridOto.com - Sebuah gudang yang diduga menjadi penyimpanan oli palsu di Jalan Raya Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang digrebek Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskimsus) Polda Kalimantan Selatan bersama Satreskrim Polresta Tangerang.

Penggerebekan tersebut merupakan pengembangan kasus laporan dua Agen Pemegang Merek (APM) di Kalimantan Selatan, yang berhasil diungkap pada 8 Desember 2021.

Dalam kasus ini, polisi menemukan 32.844 botol oli palsu berbagai merek yang tersimpan di gudang seperti merek MPX1, MPX2, SPX2 dan Yamalube palsu.

Melihat kasus tersebut, Sekretaris Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno meminta pihak kepolisian usut tuntas pelaku pemalsuan oli.

"Dalam hal ini YLKI mendorong kepolisian untuk mengusut tuntas dimana peredaran dan siapa aktor-aktornya perlu ditangkap," ujar Agus kepada GridOto.com, Kamis (16/12/2021).

"Karena dalam undang-undang pemalsuan pelumas atau produk yang sudah ber-SNI hukumannya tidak main-main bisa denda sampai Rp 50 miliar," sambungnya.

Agus melanjutkan, berkaca dari kasus pemalsuan oli, YLKI meminta konsumen lebih berhati-hati saat membeli oli.

Apalagi jika membeli lewat online, dengan iming-iming harga murah bahkan bisa setengah harga dari yang dijual di dealer resmi.

Baca Juga: Kok Bisa Ya Oli di Market Place Lebih Murah Dibanding Bengkel Resmi?

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa