Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sudah Tahu Belum, Transmisi Dual Clutch Sensitif Sama Air, Asal Cuci dan Terobos Banjir Efeknya Fatal

Harun Rasyid - Rabu, 15 Desember 2021 | 20:50 WIB
Ilustrasi Dual Clutch Transmission 7 Speed KIA Seltos
F. Yoshi / Otomotif
Ilustrasi Dual Clutch Transmission 7 Speed KIA Seltos

GridOto.com - Selain perlu rutin dirawat, mobil dengan Dual-Clutch Transmission (DCT) atau kopling ganda juga perlu ekstra hati-hati terhadap air.

Owner bengkel Mastercars.id di Jakarta Selatan, Budisusanto, mengungkapkan transmisi dual clutch semisal di Ford Focus dan EcoSport memiliki celah yang tidak boleh dimasuki air.

"Dual clutch itu sistem pendinginnya mengandalkan udara dari lubang sirkulasi," ujar pemilik bengkel spesialis Ford tersebut kepada GridOto.com belum lama ini.

"Jadi kalau lubang yang letaknya di antara mesin dan transmisi ini kemasukan air, part di dalamnya seperti lever, bearing hingga kampasnya akan karatan dan bisa membuat transmisi macet," lanjutnya.

Karena itu Budi mejelaskan, ada hal yang harus dihindari saat mobil dengan transmisi dual clutch dicuci di rumah ataupun tempat cuci steam.

"Sebaiknya seputaran mesin tidak boleh kena air, karena sering orang cuci steam kapnya dibuka dan langsung disiram saja. Ini tidak boleh karena air akan masuk ke lubang sirkulasi," tuturnya.

"Apalagi air di cuci steam itu kan tekanannya cukup tinggi. Sedangkan untuk cuci steam hidrolik juga jangan menyemprot air dari bagian kolong mesin, sehingga dual clutch berisiko kemasukan air," sambung Budi.

Jika transmisi dual clutch sensitif terhadap air, bagaimana jika mobil bertransmisi kopling ganda ini berhadapan dengan genangan air hingga banjir?

Baca Juga: Cara Kerja Transmisi Kopling Ganda alias Dual Clutch Transmission

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa