Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berpotensi Pulihkan Ekonomi Nasional, Honda Sambut Usulan PPnBM Nol Persen Permanen

Naufal Shafly - Rabu, 15 Desember 2021 | 17:20 WIB
Ilustrasi deretan line-up Honda yang mendapat insentif PPnBM 0 persen tahun ini
Harun Rasyid/GridOto.com
Ilustrasi deretan line-up Honda yang mendapat insentif PPnBM 0 persen tahun ini

GridOto.com - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana untuk mempermanenkan insentif PPnBM Pajak Penjualan Atas Baran Mewah (PPnBM) 100 persen mulai 2022.

Namun rencananya insentif PPnBM nol persen ini hanya akan diberikan kepada mobil baru yang memiliki local purchase atau kandungan lokal di atas 80 persen.

Yusak Billy, selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prosepect Motor (HPM) pun menyambut positif wacana ini.

Menurutnya insentif PPnBM memang sangat efektif dalam meningkatkan penjualan di industri otomtif serta perekonomian Indonesia.

"Kami yakin pemerintah memiliki kebijakan yang baik ke depannya untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi ini. Saya rasa ini merupakan rencana kebijakan ke depan yang sangat baik ya," ucap pria yang akrab disapa Billy ini kepada GridOto.com, Selasa (14/12/2021).

Ilustrasi perakitan Honda Prospect Motor (HPM)
Honda Prospect Motor
Ilustrasi perakitan Honda Prospect Motor (HPM)


Namun ia mengaku enggan berkomentar banyak karena aturan ini masih berupa usulan dan belum diundangkan oleh pemerintah.

"Untuk PPnBM DTP permanen dengan syarat local purchase 80 persen, itu akan kami pelajari setelah mendapatkan lebih detail peraturannya untuk waktu dan petunjuk pelaksana lainnya," jelasnya.

"Sepengetahuan kami, pemerintah masih mengevaluasi PPnBM DTP yang sedang berjalan sekarang ini untuk (menghitung) cost dan benefitnya. Supaya kebijakan nantinya akan terus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif," lanjut Billy.

Baca Juga: Kandungan Lokal Sudah 80 Persen, Dealer Sebut Harga Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Tidak Naik Tahun Depan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa