Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Cuma Mobil Lawas, Mobil Baru Pun Juga Bisa Terbakar, Ini Penyebabnya

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 15 Desember 2021 | 16:50 WIB
Ilustrasi mobil terbakar
TribunJabar
Ilustrasi mobil terbakar

GridOto.com - Kejadian mobil terbakar kerap terjadi belakangan ini baik mobil baru dan mobil lawas, yang bisa timbul kobaran api dari kompartemen mesin.

Ada beberapa hal yang menyebabkan mobil terbakar.

Dalam beberapa kasus yang ada, mobil terbakar bisa terjadi di area mesin bagian belakang dan ada juga yang di bagian depan, den penyebabnya pun berbeda.

"Yang biasanya terjadi, kebakaran di mesin bagian depan terjadi ketika mobil pernah satu atau dua kali melewati genangan air, masalahnya tidak kelihatan," ujar Brand Ambassador Mitsubishi, Rifat Sungkar dalam keterangan yang diterima GridOto.com, Rabu (15/12/2021).

Menurutnya, genangan air ini cukup jahat karena tidak semua mobil tahan akan guyuran air.

Pasalnya ada mobil dengan Electronic Control Unit (ECU) di bawah, dan ada pula yang memiliki air intake di bawah bumper.

Ia menyebut penyebabnya, selama mobil masih beroperasi tentunya banyak komponen yang menghasilkan panas ketika melewati genangan air.

"Bahkan ada kejadian mobil baru yang terbakar karena power steering putus dan terkena heater. Jadi penyebab mobil terbakar banyak pemicunya," katanya.

Baca Juga: Jangan Seperti Peugeot 306 yang Terbakar di Tol JORR, Selalu Sediakan APAR di Mobil, Segini Ukuran yang Cocok

Baca Juga: Sebuah Sedan Mirip Peugeot 306 Terbakar di Tol JORR, Warganet Kritik Pengelola Tol

Sementara untuk mobil dengan mesin di belakang karakternya berbeda, menurutnya lagi kejadiannya karena sistem kelistrikan tidak bekerja dengan baik.

Dikarekanan mesin berada di belakang, maka dekat dengan knalpot dan biasanya knalpot panasnya jadi berlebih, sehingga kabel mengalami panas yang berlebih pula.

"Jadi beda mobil beda cerita. Kalau lihat di YouTube supercar banyak terbakar itu beda lagi. Biasanya knalpot panas dan membakar bumper dan bumper membakar mesin. Jadi banyak penyebabnya," tandasnya.

Untuk itu, ada baiknya bagi setiap pengemudi menyiadakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) agar bisa mengantisipasi saat muncul api di mobil.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa